December 2016

RPP dan Silabus  Kelas 4 Semester Genap Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Rencana pelaksanaan Pembelajaran kelas 4 Semester dua revisi kurikulum 2013 acuan permen terbaru, yang kami bagikan ini hanya sebuah referensi untuk rekan-rekan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar revisi kurikulum 2013 terbaru yang saat sudah sudah banyak sekolah yang menerapkan untuk implementasi K13.

Baca juga
Kisi Kisi UTS Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi
Buku Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 4 Semester 2
KKM, Prota, Promes Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi
Kami sediakan RPP dan silabus Kelas 4 Kurikulum 2013 revisi semester ganjil dan genap, sebaia berikut.

Unduh Silabus Kurikulum 2013 Kelas 4

RPP Kelas 4 Tema 6 - Indahnya Negeriku
RPP Kelas 4 Tema 7 - Cita-Citaku
RPP Kelas 4 Tema 8 - Tempat Tinggalku
RPP Kelas 4 Tema 9 - Makanan Sehat dan Bergizi

Baca Juga Terbaru
RPP Kelas 4 SD/MI Matematika Kurikulum 2013 Revisi

Cara Cek Keaktifan NUPTK dan Data Kita Dengan Mudah
Cara periksa apakah NUPTK kita aktif atau non aktif setelah sekian lama nya kita mutasi dan tak mengajar kini kembali mengajar lagi, atau pernah punya NUPTK baru ditemukan sekarang sehingga belum tahu akan keaktifan validitas NUPTK yang kita miliki.

Permasalahan pada tunjangan Info PTK, NUPTK kita terdeteksi tidak benar juga kita bisa melakukan cek disini secara nyaman, situs resmi ini milik Kemdikbud.

Pertama masuk ke link di bawah ini.
Klik
GTK. DATA KEMDIKBUD
Cara Cek Keaktifan NUPTK dan Data Kita Dengan Mudah

Hasilnya periksa pada status dan data-data kita apakah sesuai dan status aktif terdaftar di Kemdikbud.

Metode Pembelajaran Efektif Dalam Ebook Pendidikan
Ebook metode pembelajaran efektif bidang pendidikan ini sangat cocok bagi rekan-rekan guru, berbagai metode pembelajaran efektif dari para ahli yang sudah diakui secara international patut lah dijadikan referensi untuk rekan-rekan guru.

Ebook Pendidikan ini dalam pembelajaran efektif terdiri dari 30 halaman, tekhnik metode-metode berikut dalam model pembelajaran...
Baca dulu Aplikasi Model-Model Pembelajaran

1. EXAMPLE NON EXAMPLE
2. PICTURE NON PICTURE
3. NUMBERED HEADS TOGETHER
4. COOPERATIVE SCRIPT
5. KEPALA BERNOMOR STRUKTUR
6. STUDENT TEAMS- ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)
7. JIGSAW -MODEL TIM AHLI
8. PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI)
9. ARTIKULASI
10. MIND MAPPING
11. MAKE – A MATCH
12. THINK PIR AND SHARE
13. DEBATE
14. ROLE PLAYING
15. GROUP INVESTIGATION
16. TALKING STICK
17. BERTUKAR PASANGAN
18. SNOWBALL THROWING
19. STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING
20. COURSE REVIEW HORAY
21. DEMONSTRATION DAN EKSPERIMEN
22. EXPLISIT INSTRUCTION
23. COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
24. INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE (LINGKARAN KECIL-LINGKARAN BESAR)
25. COOPERATIVE LEARNING (TEBAK KATA)
26. WORD SQUARE
27. SCRAMBLE
28. TAKE AND GIVE
29. CONSEPT SENTENCES
30. COMPLETTE SENTENCE
31. TIME TOKEN AREND 1998
32. PAIR CECKS SPENCER KAGEN 1993
33. ROUND CLUB (KELILING KELOMPOK)
34. TARI BAMBU
35. DUA TINGGAL DUA TAMU (TWO STRAY TWO STRAY)
SPENCER KAGAN 1992)
36. STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS)
37. PEMBELAJARAN OTENTIK (OUTENTIC LEARNING)
38. NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)
38. INQUIRY
39. MODEL PEMBELAJARAN TERPADU
40. BERBASIS PROYEK DAN TUGAS
41. PEMBELAJARAN BERBASIS JASA DAN LAYANAN (SERVICE LEARNING)

Selengkapnya silahkan unduh pada link dibawah ini
DOWNLOAD

Jadwal Full Day School SD Lengkap Bisa di Sesuaikan
Full day school atau Program Penguatan Pendidikan Karakter (P3K) merupakan kebijakan baru dari Kemendikbud, terkait hal tersebut memang kebijakan full day school ini punya pro dan kontra, sebagaimana kebijakan yang baru tentu saja hal tersebut sangat wajar, apapun kebijakan pemerintah kita sudah seyoga ya nya kita ikuti karena sangat mungkin sudah dalam kajian yang mendalam untuk di terapkan pada sekolah-sekolah, SD, SMP, SMA maupun SMK.

Jadwal Full-day School yang saat ini sedang digodok, aplikasi jadwal full day school ini bisa menyesuaikan pada sekolah masing-masing, seperti contoh berikut,
  • Untuk hari Senin Jam ke-1 diganti Upacara Bendera dilanjutkan Sholat Dhuha.
  • Jadwal bisa berubah menyesuaikan situasi dan kondisi.
Lihat tampilan dibawah ini.

JADWAL FULL DAY SENIN-KAMIS KELAS 3-6
JADWAL FULL DAY SENIN-KAMIS KELAS 1-2
JADWAL FULL DAY JUM'AT KELAS 3-6
JADWAL FULL DAY JUM'AT KELAS 1-2

Pedoman Baru Penilaian Kurikulum 2013 Permendikbud 23 Tahun 2016
Mulai semester 2 atau genap ini penilaian kurikulum 2013 yang berupa juknis atau buku petunjuk SD, SMP, SMA maupun SMK untuk penilaian hasil belajar peserta didik memasuki pedoman baru dalam revisi kurikulum 2013 yang mengacu pada Permendikbud nomor 23 tahun 2016, beberapa perubahan yang kami sampaikan untuk K13 pada acuan Permen 23 tahun 2016 ini adalah sebagai berikut untuk Kriteria ketuntasan minimal/KKM memberikan acuan yang cukup jelas. seperti gambar berikut ini.

Baca juga Panduan penilaian kurikulum 2013 SD Permen 23 Tahun 2016
Contoh Kriteria dan skala penilaian penetapan KKM Untuk memudahkan analisis setiap KD, perlu dibuat skala penilaian yang disepakati oleh guru mata pelajaran.
Pedoman Baru Penilaian Kurikulum 2013 Permendikbud 23 Tahun 2016
Pedoman untuk Sekolah Dasar, SMP, dan SMA ini kami bagikan pada link di bawah ini untuk bisa dipelajari secara lengkap untuk rekan-rekan guru dalam implementasi kurikulum 2013.
DOWNLOAD


untuk SD unduh link dibawah ini DOWNLOAD

Unduh Panduan Praktis Penulisan Makalah Untuk Jurnal Ilmiah
Panduan atau tuntunan praktis menulis makalah untuk jurnal ilmiah baik nasional maupun international ini kami bagikan dari karangan Mikrajuddin Abdullah Institut Teknologi Bandung
Salah satu yang dapat anda lakukan adalah menulis makalah ilmiah.Pikirkan, apakah tidak disayangkan jika anda memiliki hasil riset yang dapat dijadikan makalahilmiah, yang bisa jadi bermanfaat bagi orangbanyak, dan yang bisa jadi membuat keparakan anda dikenal orangbanyak Tetapi anda menyimpan begitusaja. Jika anda menjawab: “sangat disayangkan,” apa yang harus anda lakukan? Salah satu yang dapat anda lakukan adalah menulis makalah ilmiah.

Bayangkan jika anda telah selesai menulis tesis/disertasi, coba hitung, berapa eksemplar yang anda buat? Paling-paling tidak lebih dari 10 buah. Coba hitung, berapa orang yang memegang copy tesis/disertasi anda? Paling banyak10 orang. Coba hitung, berapa orang yang dapat membaca tesis/disertasi anda?

Dari sini kita dapat menarik kesimpulan bahwa menulis makalah bukan sekedar masalah suka atau tidak suka, ada waktu atau tidak ada waktu. Menulis makalah adalah persoalan keinginan kita menyebarluaskan ilmu yang kita peroleh ke masyarakat luas sehingga ilmu tersebut bias bermanfaat. Boleh jadi ilmu yang kita peroleh dari penelitian kita merupakan jawaban dari persoalan besar yang dihadapai masyarakat entah di belahan bumi mana.

Jika ini terjadi maka betapa luar biasanya kontribusi kita bagi masyarakat tersebut. Dan jika hasil tersebut sudah dipublikasikan maka peneliti lain tidak perlu lagi menghahbiskan waktu untuk melakukan penelitian serupa.

RPP SD Kurikulum 2013 Semester Genap Kelas 1 Revisi Tahun 2016
RPP Semester 2 atau genap Kurikulum 2013 revisi tahun 2016 ini kami bagikan untuk jenjang sekolah dasar, RPP K13 revisi untuk SD ini pada semester dua jenjang SD/MI kelas 1 dan 4 dari lanjutan RPP Revisi Kurikulum 2013 SD pada semester satu yang lalu, silahkan lihat disini.

Pada RPP yang memiliki kerangka permendikbud no 22 tahun 2016 yang paling baru untuk kurikulum 2013 dengan kesiapan silabus dan buku kurikulum 2013 semester 2 yang telah di revisi, dengan acuan tersebut lah RPP SD Kurikulum 2013 semester dua ini dibuat.

Baca juga KKM,Prota dan Promes Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi
Terangkum dalam semua tema dan sub tema serta pembelajaran, 5,6, 7 dan 8



Aplikasi Simulasi UKG Terbaru Berbasis Android untuk Guru SD
Bagi rekan guru yang memiliki ponsel berbasis android tentu akan lebih mudah dalam mengikuti uji kompetensi guru (UKG) dalam latihan simulasi aplikasi UKG yang berbasis android ini menjadikan semua menjadi lebih mudah dalam belajar, bisa dimana saja dan kapan saja.

Perangkat mobile rekan guru atau Hand phone akan jauh lebih mudah dibawa dan di buka di sela-sela waktu senggang untuk berlatih UKG dalam program guru pembelajar yang telah diikuti dalam TUK akhir yang saat ini sedang, akan dan tengah berjalan.

Aplikasi Simulasi UKG untuk ponsel android ini dengan kualitas soal yang tak usah di ragukan memang takkan mudah untuk di dapatkan di sembarang tempat sebagai bahan latihan yang baik dalam mengikuti UKG, Aplikasi ini di rancang dan selalu menyesuaikan kebutuhan para guru.

Unduh pada link yang kami sematkan di bawah ini.

Inilah 5 Point Usulan FOPPSI Ke Pemerintah
Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia (FOPPSI) berdiri pada tahun 2015 meski organisasi ini terbilang sangat muda namun partisipasi keanggotan FOPPSI melesat naik sangat signifikan dengan jumlah yang luar biasa di seluruh Indonesia.

Sebagai tempat terhimpunnya segenap Operator Pendataan Pendidikan semua jenjang satuan pendidikan merupakan organisasi perjuangan, Organisasi profesi, dan organisasi ketenagakerjaan yang berdasarkan Pancasila, bersifat unitaristik, independen, dan tidak berpolitik praktis, secara aktif menjaga, memelihara, mempertahankan, dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa yang dijiwai semangat kekeluargaan, kesetiakawanan sosial yang kokoh serta sejahtera lahir batin, dan kesetiakawanan organisasi baik nasional maupun internasional. FOPPSI juga bukan organisasi yang lahir karena kepentingan pribadi, kelompok, atau Instansi. FOPPSI lahir dari Operator dan untuk operator.

Operator pendataan pendidikan atau yang familiar disebut operator sekolah saat ini bisa tersenyum lebar dengan hadirnya FOPPSI

Atas dasar visi dan misi FOPPSI tak ingin tinggal diam untuk memperjuangkan kesejahteraan operator data pendidikan,

Berbincang dengan Abdus Syahid, Kabid. Kode Etik di FOPPSI pusat 10/12 via akun medsos nya, beliau mengakui bahwa beberapa waktu yang lalu tim Komite Revisi UU ASN dari FOPPSI mengajukan permohonan untuk Revisi UU ASN ke badan legislatif untuk disetujui untuk disidangkan oleh Panja DPR RI.

"Sejak pertama kali saya, Muhammad Ridwan, Bhimma Kurniadi, Suhardi, Nurudin dan rekan-rekan FOPPSI dari DKI Jakarta dan FOPPSI Banten mengikuti pertemuan di Cibubur dengan Komite Revisi UU ASN adalah dari point-point berikut
1. Ditetapkannya operator pendataan pendidikan dalam Nomenklatur pendidikan Indonesia.
2. SK pengangkatan OPP diberikan oleh Bupati/ walikota.
3. Mendapatkan jam tambahan, sebanyak 12 jam, sama dengan wakasek
4. Mendapat honor sesuai UMP/UMK
5. Mendapatkan remunerisasi bagi OPP yang sudah PNS.

Pada draft Revisi UU ASN usulan  FOPPSI diterima...
Masuk pada ranah Operator Komputer, ada turunan dari peraturan itu, Sehingga, FOPPSI berjuang tidak hanya untuk OPP, tetapi juga buat tenaga operator komputer di berbagai Kementerian
Yang kita perjuangkan sekarang intinya adalah :
Mendapatkan jalan, untuk langkah berikutnya, karena kita belum punya jalur yang kuat menuju DPR RI, Kita sedang melaksanakan pendekatan, langsung dengan Mendagri, pak Cahyo Kumolo," Ujar nya !

Ia juga menambakan semua perjuangan FOPPSI memang tidaklah mudah dalam prosesnya, "Seharusnya kemarin pada hari Rabu, ada dengar pendapat antara pemerintah dan jalur lain, terkait Revisi ini, namun entah mengapa gagal.

Dan terakhir, minta doa dari rekan-rekan, agar perjuangan kita, bisa berhasil, walaupun kita sadar, bisa saja bukan kita yang menikmati hasilnya, dan perlu di garis bawahi mas perjuangan ini bukan dari saya saja tapi seluruh komponen FOPPSI yang mewakili seperti, rekan Retno Edi Kurniadi, S.Pd, Muhammad Ridwan, Suhardi dan banyak rekan lain yang bisa saya sebutkan satu persatu dan pastinya doa seluruh anggota yang ada di Indonesia ini".  Ungkap pria yang dikenal dengan nama akun medsos Abdus Syahid Abid ini.

Roadmap FOPPSI selanjutnya adalah, tanggal 13 dan 15 Des ini, akan diadakan sidang Paripurna DPR, dan pada tanggal 15 Des, diharapkan FOPPSI bisa mengirimkan 5000 OPP dalam aksi damai di depan DPR RI, agar DPR mengesahkan Revisi UU ASN ini

Aplikasi Koreksi Dan Analisis Soal Pilihan Ganda Untuk UH, UTS dan UAS
Aplikasi Koreksi soal pilihan ganda dilengkapi analisis ini menjadikan proses koreksi soal PG bagi bapak ibu guru jadi lebih mudah, bayangkan saja cukup inputkan kunci jawaban pada kolom sheet atas maka akan menjadikan kunci data isian siswa dibawahnya sehingga proses hitungan nilai pilihan ganda akan terisi secara otomatis.

Tak hanya itu saja, skala nilai pun bisa kita atur untuk point tiap soal yang kita inginkan. seperti berikut tampilan aplikasi koreksi soal pilihan ganda.




DOWNLOAD

KKM, Prota dan Promes Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi Lengkap
Kriteria ketuntasan minimal, Program tahunan, program semester untuk kelas IV k13 dalam perangkat pembelajaran kurikulum 2013 sekolah dasar ini kami bagikan sesuai dengan ketentuan revisi kurikulum 2013 tahun 2016 yang terbaru, baik prota mau pun prosem kurtilas yang baru ini sudah memuat unsur KD terbaru sesuai pemetaan Permendikbud no 24 tahun 2016.

Baca juga Prota dan Promes Kurikulum 2013 Revisi Untuk Kelas 1 SD

Rekan rekan guru sekolah pelaksana kurikulum 2013 berikut tampilan KKM kurikulum 2013 yang akan kami bagikan. link unduh KKM, Prota dan promes kami sisipkan dibawah tampilan ini.

KKM Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 
KKM Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 

PROMES Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi
PROMES Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi

PROTA Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi
PROTA Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi

MKRdezign

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget