October 2016

Contoh Soal UAS SD Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2016
Soal-soal kurikulum 2013 untuk Sekolah dasar ini hanya bagian contoh dalam Ujian Akhir Semester (UAS) agar sekiranya bapak ibu mudah membuat dalam penulisan soal yang tak akan lama lagi akan dilaksanakan UAS semester ganjil.

Contoh Soal UAS K13 Kelas 1 SD ini memuat data tema yang tersusun sebagaimana jadwal ulangan Akhir semester sehingga menjadi kesatuan yang liner, relevan, sepertti layaknya KTSP yang lalu memuat jadwal mapel, begitu pun soal UAS nya.
Baca juga
Aplikasi penilaian dan raport K13 Revisi 2016
Prota dan Promes Kurikulum 2013

Nah berikut kami bagikan contoh Soal UAS Kurikulum 2013 untuk kelas 1 Sekolah Dasar.
Lihat Contoh Soal Kurikulum 2013 dan KTSP Lengkap


Soal UAS Kelas 1 Tema 1 dan 2 Kurikulum 2013
Soal UAS Kelas 1 Tema 1

Format Penilaian Kegiatan Pramuka Kurikulum 2013 Terbaru
Pramuka atau praja muda karana pada kurikulum 2013 wajib bagi sekolah, untuk kegiatan pramuka sendiri memang memiliki manfaat yang begitu komplek dari segi kemandirian, cinta alam dan sebagainya, seperti tertuang dalam dasa dharma yang menjadi kode kehormatan seorang pramuka.

Oleh karena itu pula penilaian kurikulum 2013 pada pendidikan kepramukaan juga harus dilakukan oleh pendidik, terlebih penilaian kurikulum 2013 yang telah di revisi tahun 2016 ini, dalam penilaiannya kami yakin bapak ibu mengerti karena di bawah ini kami sematkan link unduhan format penilaian kurikulum 2013 untuk kegiatan pramuka peserta didik nya.

Contoh Format Penilaian Kegiatan Pramuka Kurikulum 2013 silahkan unduh pada link dibawah ini.


Inilah Aplikasi SPPD, SPJ BOS dan Kwitansi Otomatis Terbaru
Surat perintah perjalanan dinas/SPPD dan SPJ BOS tersatu dalam aplikasi SPJ dan SPPD BOS dan tambahan pulan dengan cetak kwitansi otomatis hingga membuat nyaman dalam laporan pertanggung jawaban BOS di sekolah.

Aplikasi ini berbasis excel mudah, aman dan nyaman digunakan bagi rekan guru atau bendahara sekolah dengan formulasi sesuai acuan juknis BOS tahun 2016 yang sudah diketahui semua.

Begitu lengkap nya aplikasi SPPD dan SPJ BOS serta kwitansi ini bagi yang berminat silahkan unduh pada link dibawah ini.

DOWNLOAD

Format Penilaian Kurikulum 2013 Revisi 2016 untuk SD Lengkap dengan Pemetaan KD
Kumpulan format penilaian kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar ini sesuai dengan permendikbud no 53 tahun 2015 dan buku juknis terbaru penilaian K13, meliputi format penilaian segi aspek sikap spritual dan sosial KI 1 dan KI 2 juga pada ranah kognitif dan keterampilan KI 3 dan KI 4 yang kami lengkapi dengan pemetaan Kompetensi Dasar (KD).

Contoh format penilaian kurikulum 2013 permendikbud 53 tahun 2015 ini berbasis excel sehingga sangat mudah untuk di sesuaikan atau digunakan secara langsung oleh rekan guru di sekolah pelaksana kurikulum 2013.
Baca juga Aplikasi penilaian kurikulum 2013 Revisi tahun 2016

Dari mata pelajaran tematik guru kelas tema dan sub tema pembelajaran tersusun hingga mata pelajaran PJOK dan PAI lihat tampilan format berikut ini.

Format Penilaian Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 1 SD
Spritual dan Sosial KI. 1 dan 2
KI. 1 PAI BP
KI, 1 Tematik
KI. 2 PAI BP
KI, 2 Tematik

Pengetahuan KI 3
KI. 3 Bahasa Indonesia
KI. 3 Matematika
KI. 3 PAI BP
KI. 3 PJOK
KI. 3 PKn
KI. 3 SBdP

Keterampilan KI.4
KI. 4 Bahasa Indonesia
KI. 4 Matematika
KI. 4 PAI BP
KI. 4 PJOK
KI. 4 PKn
KI. 4 SBdP

Format Baru RPP Kurikulum 2013 Permendikbud No 22 Tahun 2016
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Baca juga contoh RPP Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2016
RPP Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2016
Silabus Kurikulum 2013 Revisi 2016

Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih.

Komponen RPP terdiri atas:
a. identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
b. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c. kelas/semester;
d. materi pokok;
e. alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
f. tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
g. kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
7
i. metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
j. media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
k. sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
l. langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
m. penilaian hasil pembelajaran.

Selengkapnya
DOWNLOAD 

Aplikasi Cetak Buku Legger Siswa Bentuk Baru Untuk Siswa Semua Jenjang
Aplikasi cetak buku legger siswa ini merupakan penyatuan data induk siswa hal ini berkaitan dengan administrasi guru dan aplikasi cetak buku legger siswa ini berbasis excel sehingga mudah dipahami dan digunakan dalam agenda rutin walu kelas dalam proses administrasi data di sekolah khususnya kelas yang bersangkutan.

Aplikasi cetak buku legger siswa ini memuat data
1. Catatan hasil belajar siswa
2. Pengembangan diri
3. Kriteria ketercapaian kompetensi peserta didik

lihat selengkapnya

Bagaimana Cara Mendekatkan Diri Dengan Murid ?
Bagi Anda yang merupakan seorang Guru ataupun Pengajar seperti di sekolah ataupun di tempat bimbingan belajar, pasti akan mendapatkan murid yang memiliki sifat ataupun karakter yang berbeda.
Lalu, bagaimana bagi Anda yang merupkan seorang guru ataupun pengejar untuk menyesuaikan diri denga para murid yang memiliki sifat atau karakter berbeda? Ini dia cara-caranya:

1. Ketahui apa yang murid Anda sukai Anda harus bisa mengetahui ataupun memahami murid Anda, terutama dalam mengetahui hal-hal apa yang disukai oleh murid Anda tersebut. Mungkin ada dari beberapa murid menyukai sesuatu hal yang sama, seperti bermain game, melukis, bermain musik dan sebagainya.

Bila Anda dapat mengerti dan memahami hal yang disukai oleh murid Anda, Anda mungkin bisa untuk mendekatkan diri, mengejarkannya ataupun sekedar mengobrol sesuatu yang memang murid Anda sukai.

2. Membuat suasana kelas menjadi nyaman dan aktif Bila seorang guru ataupun pengajar dapat membuat suasana kelas menjadi nyaman dan aktif, kemungkinan Anda dapat mengambil hati para murid tersebut.

Kelas yang nyaman ialah kelas yang tidak terlalu tegang ataupun kaku ketika guru mengajar didalamnya dan Anda dapat mengelola kelas tersebut menjadi kelas yang memiliki suasana aktif bukan 'ramai'. Kelas yang Anda ajari kalau bisa dibuat menjadi kelas yang ceria karena didalam tersebut Anda dapat membuat sedikit lelucon ataupun gurauan yang membuat para murid senang ataupun tertawa.

3. Membuat ide atau kreatifitas bersama muridCara ini bisa juga digunakan untuk membuat kelas menjadi aktif dan mengajak para murid yang untuk berkreatifitas dengan ide-ide mereka. Misal, Anda bisa mengajarkan ataupun mengajak para murid tersebut untuk membuat sebuah karya lukisan ataupun anyaman bersama.

Bagaimana apakah Anda akan mulai menerapkan ketiga cara tersebut terhadap anak didik Anda? Kalau iya, selamat mencoba dan jangan lupa untuk menjadikan diri atau memotivasikan diri sendiri agar bisa menjadi guru ataupun pengajar yang menjadi idola maupun kesukaan para murid di sekolah ataupun tempat bimbingan belajar ya!

Data Pengirim Artikel :
Judul Artikel Bagaimana Cara Mendekatkan Diri Dengan Murid?
Nama Penulis Tara Mulya
Email Penulis taramulya@yahoo.com

Modul Kepala Sekolah Pembelajar Untuk Semua Jenjang
Modul Kepala Sekolah Pembelajar (KSP). Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan ini berisi pembelajaran tentang Perencanaan Program Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Modul ini berkaitan dengan Modul Rencana Kerja Jangka Menengah dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKJM dan RKAS), Modul Pengelolaan Kurikulum, Modul Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Modul Supervisi Akademik dan Modul Pengelolaan Sarana dan Prasarana.

Modul; Kegiatan Pembelajaran yang juga memuat Lembar Kerja, Latihan Soal, dan
Bahan Bacaan. Sebelum mempelajari Modul Kepala Sekolah Pembelajar ini, Saudara harus menyiapkan dokumen sebagai berikut :
a. Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS);
b. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang

Standar Nasional Pendidikan terkait;
c. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Nomor 35 tahun 2010 tentang
Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
d. Peraturan lainnya terkait PPTK;
e. Peraturan-peraturan Sekolah;
f. Struktur Organisasi Sekolah.

Salah satu Modul Kepala Sekolah Pembelajar preview untuk lengkap nya Modul Kepala Sekolah Pembelajar kami sematkan pada link unduhan dibawah ini


MODUL KEPALA SEKOLAH PEMBELAJAR KELOMPOK KOMPETENSI 01 PENGELOLAAN PESERTA DIDIK BARU

MODUL KEPALA SEKOLAH PEMBELAJAR KELOMPOK KOMPETENSI 02
PENGELOLAAN ADMINISTRASI SEKOLAH

MODUL KEPALA SEKOLAH PEMBELAJAR KELOMPOK KOMPETENSI 03
PENGELOLAAN PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

MODUL KEPALA SEKOLAH PEMBELAJAR KELOMPOK KOMPETENSI 04
RENCANA KERJA JANGKA MENENGAH DAN RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH

MODUL KEPALA SEKOLAH PEMBELAJAR KELOMPOK KOMPETENSI 05 PENGEMBANGAN SEKOLAH

MODUL KEPALA SEKOLAH PEMBELAJAR KELOMPOK KOMPETENSI 06
PENGELOLAAN KURIKULUM

MODUL KEPALA SEKOLAH PEMBELAJAR KELOMPOK KOMPETENSI 07
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN

MODUL KEPALA SEKOLAH PEMBELAJAR KELOMPOK KOMPETENSI 08 PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA

MODUL KEPALA SEKOLAH PEMBELAJAR KELOMPOK KOMPETENSI 09
KEWIRAUSAHAAN

MODUL KEPALA SEKOLAH PEMBELAJAR KELOMPOK KOMPETENSI 10
SUPERVISI AKADEMIK

Kisi-Kisi UKG Guru Pembelajar Kelas Atas SD Tahun 2016
Pada kelas atas atau tinggi Kelas 4,5 dan 6 jenjang sekolah dasar juga kami bagikan kisi-kisi UKG 2016 untuk rekan guru pembelajar yang mana pada sebelumnya kami bagikan kisi-kisi UKG Kelas awal SD
Juga dengan kelompok kompetensi yang lengkap dari KK A sampai KKJ, kisi-kisi ini kami bagikan agar rekan guru Sekolah Dasar bisa belajar lebih awal.

Kisi kisi UKG Guru Pembelajar 2016 SD dengan tampilan preview dibawah ini dan link unduh kami sematkan pada tiap kelompok kompetensi guru pembelajar yang ada di bagian bawah.

KK A SD Tinggi
KK B SD Tinggi
KK C SD Tinggi
KK D SD Tinggi
KK E SD Tinggi
KK F SD Tinggi
KK G SD Tinggi
KK H SD Tinggi
KK I  SD Tinggi
KK J SD Tinggi

Kisi Kisi UKG Guru Pembelajar Kelas Awal atau Rendah Tahun 2016
Kisi-kisi uji kompetensi guru pada program guru pembelajar kami bagikan untuk kelas rendah atau awal bagi  rekan guru Sekolah Dasar, setelah melewati program pembelajaran GPO, baik tatap muka, daring kombinas dan daring penuh dari berbagai latihan maka untuk post tes akhir kembali pada uji kompetensi guru.

Kisi Kisi UKG Guru Pembelajar 2016 untuk SD ini terdiri untuk semua modul kelas rendah yang memungkinkan rekan guru mengetahui bagian pembahasan mana pada soal yang akan keluar dan bisa di siapkan lebih awal pastinya.

Baca juga kisi-kisi UKG Guru Pembelajar Kelas Atas/Tinggi Sekolah Dasar

Berikut link unduhan yang kami sematkan untuk kisi-kisi UKG guru pembelajar kelas awal tahun 2016.

KK A SD Awal
KK B SD Awal
KK C SD Awal
KK D SD Awal
KK E SD Awal
KK F SD Awal
KK G SD Awal
KK H SD Awal
KK I  SD Awal
KK J SD Awal

Master Aplikasi Koreksi dan Analisis Hasil Evaluasi Ulangan Untuk Guru Semua Jenjang
Analisis soal pilihan ganda dan analisis soal isian tergabung dalam satu aplikasi, selain memudahkan koreksi penilaian aplikasi master soal evaluasi ini juga terlibat langsung dalam kalkulasi nilai ulangan pada KKM yang ditetapkan yang hasilnya bisa menjadikan perbaikan nilai untuk siswa atau pengayaan yang semua di lakukan guru demi perbaikan nilai siswa nya.

Perbaikan dan pengayaan adalah suatu bentuk hasil yang menjadi alat ukur sejauh mana kemampuan siswa kita, jika belum memenuhi KKM maka kita lakukan perbaikan dengan analisis apakah soal yang kita terlalu berat atau tata kalimat bahasa soal kita yang menjelaskan kurang mudah di pahami oleh siswa kita.

Aplikasi master  koreksi dan analisis evaluasi ulangan ini akan membuat segala nya menjadi mudah dan nyaman dalam penggunaan

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget