May 2016

Raport Kurikulum 2013 SD Edisi Revisi 2016 Lengkap dengan Petunjuk Pengisian

Laporan hasil belajar peserta didik pada kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2016 sedikit mengalami perubahan dari pada format rapor K13 sebelumnya, contoh raport kurikulum 2013 Sekolah Dasar ini kami lengkapi dengan petunjuk pengisian hingga contoh deskripsi, nilai dan predikat pada kompetensi sikap spritual dan sosial (deskripsi), kompetensi pengetahuan, nilai, predikat dan deskripsi dan kompetensi keterampilan yang serta merta kami lengkapi contoh nilai, predikat dan deskripsi.

Petunjuk Pengisian Rapor Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 dari Permendikbud no 53 tahun 2015
Laporan Rapor Peserta Didik dipergunakan selama peserta didik yang bersangkutan mengikuti seluruh program pembelajaran di Sekolah Dasar tersebut, Identitas Sekolah diisi dengan data yang sesuai dengan keberadaan Sekolah Dasar,  Daftar Peserta didik diisi oleh data siswa yang ada dalam Rapor Peserta Didik ini,  Identitas Peserta didik diisi oleh data yang sesuai dengan keberadaan peserta didik.

Rapor Peserta Didik harus dilengkapi dengan pas foto berwarna (3 x 4) dan pengisiannya dilakukan oleh Guru Kelas, Kompetensi inti 1 (KI-1) untuk sikap spiritual diambil dari KI-1 pada muatan pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti.

Lihat juga Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 Revisi 2016 Plus Raport

Kompetensi inti 2 (KI-2) untuk sikap sosial diambil dari KI-2 pada muatan pelajaran PKn, Kompetensi inti 3 dan 4 (KI-3 dan KI-4) diambil dari KI-3 dan KI-4 pada semua muatan pelajaran, Sikap ditulis dengan deskripsi, menggunakan kalimat positif, berisi perkembangan sikap/perilaku siswa yang sangat baik dan/atau baik dan yang mulai/sedang berkembang berdasarkan kumpulan hasil observasi (catatan), Pengetahuan dan keterampilan ditulis dengan angka, predikat dan deskripsi untuk masing-masing muatan pelajaran. Untuk deskripsi raport kurikulum 2013 selengkapnya juga bisa di baca klik contoh deskripsi kurikulum 2013 edisi revisi

KRITERIA KENAIKAN KELAS KURIKULUM 2013
1.Menyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam dua semester pada kelas untuk tahun pelajaran yang diikuti.
2. Mencapai tingkat kompetensi yang disyaratkan, minimal sama dengan KKM yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.
3.Mencapai nilai sikap minimal baik berdasarkan kriteria penilaian sikap yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.
4. Nilai ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan minimal BAIK


Selengkapnya lihat tampilan berikut ini:
DOWNLOAD

Buku Panduan Guru Pembelajar Moda Daring (dalam jaringan) dari Ditjen GTK Kemdikbud
Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang
sangat penting dalam pencapaian visi kemendikbud 2015-2019. Oleh karena itu,profesi guru harus terus dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat. Konsekuensi dari jabatan guru sebagai profesi diperlukan sistem pembinaan dan pengembangan keprofesian berkelanjutan guna mendukung peran guru sebagai guru pembelajar. Salah satu upaya pemerintah khususnya Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) untuk mendukung guru sebagai Guru Pembelajar adalah mengembangkan sistem “Guru Pembelajar Moda Daring” yang berkualitas baik untuk guru, kepala sekolah, pengawas dan tenaga kependidikan lainnya.

Guru Pembelajar Moda daring ini terdiri dari 3 (tiga) model yaitu GP Moda Daring
Penuh-Model 1, GP Moda Daring Penuh-Model 2, dan GP Moda Daring Kombinasi. GP Moda Daring Penuh-Model 1 hanya melibatkan pengampu dan guru sebagai peserta. Selama proses pembelajaran, peserta dibimbing dan difasilitasi secara daring oleh pengampu. GP Moda Daring Penuh-Model 2 melibatkan pengampu, mentor, dan peserta. GP moda daring model ini
menggabungkan interaksi antara peserta dengan mentor dan atau pengampu, yang hanya dilakukan secara daring. Sedangkan pada moda kombinasi ini, peserta melakukan interaksi belajar secara daring dan tatap muka.

Interaksi belajar secara daring dilakukan secara mandiri dengan memanfaatkan teknologi
informasi dan pembelajaran yang telah disiapkan secara elektronik, dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, sedangkan interaksi tatap muka dilaksanakan bersamaan dengan peserta GP lainnya di pusat belajar (PB) yang telah ditetapkan sesuai dengan SK Penetapan KKG dan difasilitasi oleh seorang mentor.
Silakan unduh buku manual dibawah ini sesuai dengan peruntukkannya.
Buku manual ini memberikan gambaran rinci tentang teknis penggunaan moda untuk Guru Pembelajar (GP) dengan menggunakan moda daring (dalam jaringan). Buku manual GP moda daring ini disusun sebagai pegangan bagi peserta, mentor, dan pengampu dalam melaksanakan dan menjamin serta
meningkatkan mutu program GP moda daring. Buku manual ini memuat penjelasan secara detail tentang pelaksanaan kegiatan-kegiatan dalam GP moda daring sesuai dengan petunjuk pelaksanaan GP secara umum.

Aplikasi Administrasi Guru dan Wali Kelas Tahun Pelajaran 2016/2017
Administrasi guru kelas atau wali kelas memiliki peranan penting dalam proses pencatatan, recording dan olah nilai serta pengarsipan data, peranan administrasi guru dalam proses kegiatan belajar mengajar merupakan bagian yang tak terpisahkan satu sama lain, dalam tatanan mengajar yang ideal akan semakin lebih baik jika di tunjang dengan administrasi data guru yang baik.

Aplikasi administrasi wali kelas ini bisa menjadi referensi rekan guru di sekolah dalam proses administrasi yang cepat, simple aman dan nyaman tentu hingga menghasilkan data yang akurat untuk dipertanggung jawabkan, isi dari aplikasi administrasi guru ini adalah sebagai berikut:
  • Format PK-1 - Jadwal Pelajaran
  • Format PK-2 - Daftar Pembagian Tugas mengajar Bagi Guru
  • Format PK-3 - Daftar Penyelesaian Kasus di sekolah
  • Format PK-4 - Daftar Nilai Raport
  • Format PK-5 - Daftar Nilai Ujian Tulis 
  • Format PK-5A - Daftar Nilai Ujian Praktek
  • Format PK-5B - Daftar Nilai Rata-Rata Ujian Tulis dan Praktek
  • Format PK-5C - Daftar Nilai Ujian Nasional ( UN )
  • Format PK-5B - Daftar Nilai Sekolah
  • Format PK-5D - Daftar Nilai Ujian Akhir
  • Format PK-5E - Rekapitulasi Kenikan Kelas dan Kelulusan Siswa
  • Format PK-5F - Format PK-5B - Daftar Penyerahan Buku Hasil Belajar Siswa
  • Format PK-5G - Daftar Penyerahan SKHUN
  • Format PK-6 - Daftar Penyerahan IJAZAH
  • Format PK-7B - Daftar Pengembalian Bku Hasil Belajar Siswa Bagi Kelas 1 2 3 4 5 
  • Format PK-8B - Reakpitulasi Pelakasanaan Supervisi Kelas
  • Format PK-9 - Buku Hubungan Kemasyarakatan
  • Format PK-10A - Identitas Siswa
  • Format PK-10B - Laporan Hasil Belajar Siswa ( Raport )
Lihat tampilan berikut ini, silahkan gunakan slider kanan untuk melihat tampilan aplikasi
DOWNLOAD APLIKASI PROGRAM WALI KELAS

Aplikasi Model Pembelajaran Mudahkan Guru Dalam Merancang Proses Belajar Mengajar
Home
Aplikasi model pembelajaran ini berbasis excel sehingga memudahkan para guru untuk mengenali dan merancang serta melaksanakan proses belajar mengajar yang sistematis dengan pola atau model pembelajaran yang sudah ada dan diakui pada lingkup international.

Model pembelajaran merupakan suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas. Model pembelajaran mengacu pada pendekatan pembelajaran yang akan digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pengajaran, tahap-tahap dalam kegiatan pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan pengelolaan kelas (Arends dalam Trianto, 2010: 51).

Baca juga Ebook Pendidikan Metode Efektif Mengajar

Sedangkan menurut Joyce & Weil (1971) dalam Mulyani Sumantri, dkk (1999: 42) model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu, dan memiliki fungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan aktifitas belajar mengajar.

40 model pembelajaran yang ada pada isi aplikasi model pembelajaran ini adalah sebagai berikut:

Blok A.
Examples Non Examples
Numbered Heads Together
Cooperative Script
Kepala Bernomor Struktur
Student Teams Achievement – Divisions (STAD)
Jigsaw
Problem Based Indtroduction (PBI)
Artikulasi
Mind Mapping
Make a Match

Blok B
Pair and Share (Frank Lyman, 1985)
Debate
Role Playing
Group Investigation (Sharan, 1992)
Talking Stick
Bertukar Pasangan
Snowball Throwing
Student Facilitator and Explaining
Course Review Horay
Demonstration

BLOK C 
Mind Mapping
Picture and Picture
Explicit Instruction
Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)
Inside-Outside-Circle (Lingkaran Kecil-Lingkaran Besar)
Tebak Kata
Tari Bambu
Koperatif (CL, Cooperative Learning)
Kontekstual (CTL, Contextual Teaching and Learning)
Realistik (RME, Realistic Mathematics Education)

BLOK D 
SAVI
TGT (Teams Games Tournament)
Word Square
Scramble
Take and Give
Concept Sentence
Complete Sentence
Time Token
Keliling Kelompok
Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray)

Lihat juga tampilan aplikasi yang kami preview sebagian.
Aplikasi Model Pembelajaran Mudahkan Guru Dalam Merancang Proses Belajar Mengajar
DOWNLOAD

Aplikasi KKM Kurikulum 2013 Kelas 3 dan 6 Sekolah Dasar

Kriteria ketuntasan minimal atau KKM Kurikulum 2013 kelas 3 dan 6 Sekolah Dasar yang kami bagikan ini melengkapi postingan yang telah lalu tentang aplikasi KKM kurikulum 2013 kelas 1,2,4 dan 5 SD yang bapak/ibu bisa lihat kembali baca KKM kurikulum 2013 hasil revisi.

KKM merupakan suatu tolak ukur standar keberhasilan pencapaian peserta didik kita yang ditentukan oleh pendidikan berdasarkan kriteria seperti intake, daya dukung, kompleksitas maupun saran dan prasarana serta lainnya, begitu pun tak ubah nya KKM kurikulum 2013 ini juga tak berbeda jauh cara hitung nya dengan cara kurikulum terdahulu.

Baca juga:
Cara penggunaan aplikasi KKM kurikulum 2013 ini cukup simple, rekan guru cukup inputkan standar nilai sesuai keadaan pada kompetensi inti dan kompetensi dasar yang telah kami sediakan, karena berbentuk aplikasi maka nilai-nilai yang bapak/ibu inputkan akan secara otomatis mengakumulasi hitungan hingga hasil KKM akhir, lihat tampilan berikut ini.
DOWNLOAD KKM K13 KELAS 3 SD/MI, DOWNLOAD KKM KELAS 6 SD/MI

Contoh Deskripsi Penilaian Raport Kurikulum 2013 Hasil Revisi
skema deskripsi penilaian kurikulum 2013
Mekanisme penilaian hasil belajar oleh pendidik, penilaian Hasil Belajar oleh pendidik dilakukan untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar melalui penugasan dan pengukuran pencapaian satu atau lebih Kompetensi Dasar.  Penilaian aspek sikap dilakukan melalui observasi/pengamatan sebagai sumber informasi utama dan pelaporannya menjadi tanggungjawab wali kelas atau guru kelas.

Hasil penilaian pencapaian sikap oleh pendidik disampaikan dalam bentuk predikat atau deskripsi, penilaian aspek pengetahuan dilakukan melalui tes tertulis, tes lisan, dan penugasan sesuai dengan kompetensi yang dinilai, penilaian keterampilan dilakukan melalui praktik, produk, proyek, portofolio, dan/atau teknik lain sesuai dengan kompetensi yang dinilai.

Hasil penilaian pencapaian pengetahuan dan keterampilan oleh pendidik disampaikan dalam bentuk angka dan/atau deskripsi; dan  peserta didik yang belum mencapai KKM harus mengikuti pembelajaran remedi.

Kenaikan Kelas pada kurikulum 2013
Hasil belajar yang diperoleh dari penilaian oleh pendidik digunakan untuk menentukan kenaikan kelas peserta didik.  Peserta didik dinyatakan tidak naik kelas apabila hasil belajar dari paling sedikit 3 (tiga) mata pelajaran pada kompetensi pengetahuan, keterampilan belum tuntas dan/atau sikap belum baik.
Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) tidak berlaku bagi peserta didik SDLB/SMPLB/SMALB/SMKLB.

Deskripsi Penilaian Sikap pada Kurikulum 2013 Revisi

Berikut contoh deskripsi penilaian sikap spritual oleh wali kelas.
Deny:
Selalu bersyukur dan berdoa sebelum melakukan kegiatan serta memiliki toleran pada agama yang berbeda; ketaatan beribadah mulai berkembang
.
Contoh kesimpulan hasil deskripsi penilaian sikap sosial oleh wali kelas
Deny;
Memiliki sifat santun, disiplin dan tanggung jawab yang baik, responsif dalam pergaulan; sikap kepedulian meningkat.


Pada dua aspek kesimpulan hasil deskripsi tersebut dapat kita tarik kesimpulan. kalimat "mulai berkembang",menjadi deskripsi yang muncul apabila anak didik kita pada penilaian kurikulum 2013 berada pada rentang nilai cukup/kurang maka memunculkan kalimat mulai berkembang.
Sebaliknya pada kalimat  "kepedulian meningkat" ini berada pada rentang nilai baik.

Kumpulan Penelitian Tiindakan Kelas Lengkap Untuk Sekolah Dasar Gratis
Penelitian tindakan kelas atau PTK lengkap ini hanya bagian dari referensi yang kami bagikan bagi rekan-rekan guru yang ingin mempelajari cara membuat PTK silahkan unduh secara gratis pada link yang kami sematkan dibawah ini, terutama untuk melengkapi unsur publikasi ilmiah dalam usul kenaikan pangkat guna pengembangan kompetensi nya ada syarat yang mengharuskan pembuatan karya ilmiah bagi seorang guru berikut referensi PTK lengkap yang kami tawarkan.

PTK (Penelitian tindakan kelas) ini untuk semua kelas sekolah dasar baik kelas 1, 2,3, 4, 5 dan 6, mapel IPA, IPS, PKN, Bahasa Indonesia juga mapel penjaskes dan ptk pendidikan agama islam, file-file ptk komplit ini berbasis Ms. word jadi sangat mudah diedit bagi rekan guru, namun kami hanya sampaikan PTK yang tersedia ini lebih bagus dijadikan referensi dalam pembuatan karya ilmiah yang baik.

Contoh PTK [Kelas 6] Penjaskes.rar [ Download PTK]
Contoh PTK Mapel  [Kelas 6] IPA.rar [ Download PTK]
Contoh PTK Mapel IPA [Kelas 6] Inkuiri.rar [Download PTK ]
Contoh PTK Lengkap  [Kelas 6] Matematika SD.rar [ Download PTK ]
Contoh PTK Mapel IPA [Kelas 6] ( Konsep Energi Panas ).rar [ Download PTK]
Contoh PTK Mapel PKn [Kelas 5]Lengkap.rar [ Download PTK ]
Contoh PTK Mapel PKn [Kelas 5] ( Metode Bermain Peran ).rar [ Download PTK]
Contoh PTK Mapel PKn [Kelas 5] ( Keutuhan NKRI ).rar [ Download PTK ]
Contoh PTK Mapel PAI [Kelas 5] ( Akidah Lempar Kartu ).rar [ Download PTK ]
Contoh PTK Mapel IPA [Kelas 5] ( Zat Padat Media Telepon Mainan).rar [ Download PTK ]
Contoh PTK Mapel IPA [Kelas 5] ( Demonstrasi Benda Nyata Prestasi.rar [ Download PTK ]
Contoh PTK IPA [Kelas 5] (Demonstrasi-Benda Nyata-Aktivitas-HB).rar [ Download PTK ]
Contoh PTK  [KLS 5] Laporan-PKP-MTK-V-CTL.rar - RAR [ Download PTK ]
Contoh PTK  [KLS 4] PTK-PKn-Kelas-4.rar - RAR [ Download PTK ]
Contoh PTK  [KLS 4] PTK SUGIYANTO IPA Kelas 4.rar [ Download PTK ]
Contoh PTK  [KLS 4] PTK PAI Kelas 4.rar - RAR [ Download PTK ]
Contoh PTK  [KLS 4] PTK MTK Kelas IV (Bangun Datar-Alat Peraga).rar [ Download PTK ]
Contoh PTK  [KLS 4] PTK MTK Kelas IV (Bangun Datar-Alat Peraga).rar [ Download PTK ]
Contoh PTK  [KLS 4] PTK Mtk IV (Motivasi-STAD).rar [ Download PTK ]
Contoh PTK  [KLS 4] PTK Mtk IV (Motivasi-STAD).rar [ Download PTK]
Contoh PTK  [KLS 4] PTK IPS IV-(Perkemb Teknologi-Media Gambar).rar [ Download PTK ]
Contoh PTK  [KLS 4] Laporan PTK Mtk IV-Demonstrasi.rar [ Download PTK ]
Contoh PTK  [KLS 4] Laporan PTK IPS IV-(Hasil Belajar-STAD).rar [ Download PTK ]
Contoh PTK  [KLS 4] Laporan PTK IPS IV-(Hasil Belajar-STAD) (1).rar [ Download PTK ]
Contoh PTK  [KLS 4] Laporan PTK IPA KLS IV (STAD).rar [ Download PTK ]
Contoh PTK  [KLS 3] PTK MTK 3.rar [ Download PTK ]
Contoh PTK  [KLS 3] PTK Matematika Kelas III-Realistik.rar [Download PTK ]
Contoh PTK  [KLS 3] Laporan PTK Bina III.rar [ Download PTK ]
Contoh PTK  [KLS 1] PTK Bina Kelas 1.rar [ Download PTK ]
Contoh PTK  [KLS 1] Laporan PTK IPA Kelas 1 .rar [ Download PTK ]

SK Pembagian Tugas Mengajar dengan Sistem Rasio Guru dan Siswa

Bapak/Ibu guru sekalian SK pembagian tugas mengajar yang kami lengkapi dengan jumlah siswa ini merupakan cara untuk mengingatkan bahwa sistem rasio siswa dan guru pada PP 74 tahun 2008 akan di implementasikan secara maksimal pada tahun pelajaran 2016/2017, hal ini tentu berkaitan dengan syarat penerima tunjangan profesi (sertifikasi) dimana jika tak memenuhi rasio yang telah ditentukan aturan peruundangan yang berlaku maka besar kemungkinan tak mendapatkan tunjangan profesi nya.

SKPBM atau SKTM yang pada intinya sama saja arti dengan SK pembagian tugas mengajar ini, dilengkapi dengan jumlah siswa pada rombongan belajarnya (rombel) dilengkapi dengan TMT mengajar di sekolah saat ini semakin memperlengkap tatanan administrasi yang baik dalam pembagian tugas mengajar yang terperinci sesuai tupoksi nya.

Pada isian data sekolah silahkan sesuaikan logo daerah nya dan nama sekolahnya. cukup mudah mengubahnya karena SK pembagian tugas mengajar dengan rasio siswa ini berbasis Ms.word, nama guru, nip, tmt. jabatan golongan cukup jelas untuk penyesuai data pada sekolah masing-masing, lihat tampilan dibawah ini.


DOWNLOAD DISINI

Cara Mencari Kalender Pendidikan Secara Online Seluruh Indonesia

Bapak atau Ibu Guru sekalian apa ingin mengetahui cara mencari kalender pendidikan atau kaldik secara online di tiap propinsi seluruh Indonesia dari tahun ke tahun dan pada saat ini dihadapan kita tak akan lama lagi tahun pelajaran 2016/2017 akan dimulai, nah rekan semua pada kalender pendidikan yang bisa di akses secara online ini semua tentunya akan lebih mudah dari jadwal libur, jadwal tahun pelajaran baru, UTS,UAS,US maupun UN.

Ingin mencari kalender pendidikan propinsi mana, pilih saja???  sebagai berikut 34 provinsi kaldik nya tersaji secara online disini.
1. Provinsi Aceh / Nangroe Aceh Darussalam Ibukotanya di Banda Aceh.
2. Provinsi Sumatera Utara Ibukotanya di Medan.
3. Provinsi Sumatera Barat Ibukotanya di Padang.
4. Provinsi Riau (Daratan) Ibukotanya di Pekanbaru.
5. Provinsi Kepulauan Riau Ibukotanya di Tanjung Pinang.
6. Provinsi Jambi Ibukotanya di Jambi.
7. Provinsi Sumatera Selatan Ibukotanya di Palembang.
8. Provinsi Bangka Belitung Ibukotanya di Pangkal Pinang.
9. Provinsi Bengkulu yang Ibukotanya di Bengkulu.
10. Provinsi Lampung Ibukotanya di Bandar Lampung.

11. Provinsi DKI Jakarta Ibukotanya di Jakarta.
12. Provinsi Jawa Barat Ibukotanya di Bandung.
13. Provinsi Banten Ibukotanya di Serang.
14. Provinsi Jawa Tengah Ibukotanya di Semarang.
15. Provinsi DI Yogyakarta Ibukotanya di Yogyakarta.
16. Provinsi Jawa Timur Ibukotanya di Surabaya.

17. Provinsi Bali Ibukotanya di Denpasar.
18. Provinsi Nusa Tenggara Barat Ibukotanya di Mataram.
19. Provinsi Nusa Tenggara Timur Ibukotanya di Kupang.

20. Provinsi Kalimantan Barat Ibukotanya di Pontianak.
21. Provinsi Kalimantan Tengah Ibukotanya di Palangkaraya.
22. Provinsi Kalimantan Selatan Ibukotanya di Banjarmasin.
23. Provinsi Kalimantan Timur Ibukotanya di Samarinda.
24. Provinsi Kalimantan Utara Ibukotanya di Tanjung Selor.

25. Provinsi Sulawesi Utara Ibukotanya di Manado.
26. Provinsi Sulawesi Barat Ibukotanya di Mamuju.
27. Provinsi Sulawesi Tengah Ibukotanya di Palu.
28. Provinsi Sulawesi Tenggara Ibukotanya di Kendari.
29. Provinsi Sulawesi Selatan Ibukotanya di Makassar.
30. Provinsi Gorontalo Ibukotanya di Gorontalo.

31. Provinsi Maluku Ibukotanya di Ambon.
32. Provinsi Maluku Utara Ibukotanya di Ternate.
33. Provinsi Papua Barat Ibukotanya di Manokwari.
34.Provinsi Papua Ibukotanya di Jayapura.

Sampai ibukota provinsi nya kami sebutkan biar mudah mengetahui kalender pendidikannya, lihat tampilan berikut: saat masuk laman akses.
Cara Mencari Kalender Pendidikan Secara Online Seluruh Indonesia
Lakukan scroll samping kanan pilih propinsi apa yang diinginkan untuk dilihat kalender pendidikannya, karena ini sangat penting guna terencana nya proses belajar mengaja yang sistematis dan teratur.
Lihat tampilan kedua saat kami coba pilih salah satu propinsi.
Cara Mencari Kalender Pendidikan Secara Online Seluruh Indonesia
Bagaimana cukup mudah untuk melakukan pencarian kalender pendidikan secara online, tinggal pilih tahun pelajaran/ajaran dan scroll pada propinsi yang diinginkan, jika mau memcoba nya klik link yang kami sematkan dibawah ini.

Permainan tradisional yang satu ini juga menjadi khas Nusantara khusus nya Kalimantan Selatan dengan istilah bagasing, mungkin saja rekan-rekan guru cukup kenal dengan permainan tradisional gasing ini, jika boleh kita mengingat kembali di era tahun 70 dan 80 an permainan ini masih ramai di perlombakan bahkan jadi permainan anak-anak hingga orang dewasa saat itu.

Sebenar nya banyak sekali unsur pendidikan yang terkandung dalam permainan ini, tidak hanya seni dan budaya potensi lokal atau pun unsur pendidikan jasmani pada permainan gasing ini bagi anak didik kita tapi juga banyak terkandung unsur kejujuran atau sportifitas dalam bermain, kebersamaan, menggali kreatifitas, meningkat kepercayaan diri, bersosialisasi dengan teman juga bisa berdiskusi.

Berikut praktek pembelajaran permainan gasing pada siswa SD kelas 5

Peran Keluarga dalam Pembelajaran Siswa Pola Kemitraan Sekolah
Foto diambil dari tweet kemdikbud.go.id Ultah Menteri Anies ke-47
Masih banyak keluarga yang menyerahkan sepenuhnya tanggung jawab pendidikan anak kepada sekolah. Tidak semua kebutuhan pendidikan anak dapat dipenuhi oleh satuan pendidikan maupun keluarga.  

Peran sekolah adalah membantu keluarga agar pelaksanaan pendidikan lebih sistematis, efektif, dan hasilnya tersertifikasi, sehingga memperoleh pengakuan dari pihak yang berkepentingan. Keluarga adalah pendidik yang pertama dan utama. Kerjasama keluarga dengan satuan pendidikan mutlak diperlukan.


Satuan pendidikan wajib mendorong kemitraan dan pelibatan keluarga dalam memajukan pendidikan anak mereka. Menjalin kerjasama dan keselarasan program pendidikan di sekolah, keluarga, dan masyarakat sebagai tri sentra pendidikan dalam membangun ekosistem pendidikan yang kondusif untuk menumbuh-kembangkan karakter dan budaya berprestasi peserta didik.

Baca juga; Lembar Kerja Interaksi Orang Tua Kurikulum 2013
Peran Keluarga dalam Pembelajaran Siswa Pola Kemitraan Sekolah

Peran Satuan Pendidikan
  • Melakukan analisis kebutuhan
  • Menyusun program tahunan pendidikan keluarga
  • Melakukan pertemuan dengan orang tua/wali peserta didik
  • Melaksanakan program pendidikan keluarga
  • Melakukan supervisi dan evaluasi
Peran Keluarga
  • Menciptakan lingkungan belajar di rumah yang menyenangkan dan mendorong perkembangan budaya prestasi anak.
  • Menjalin interaksi dan komunikasi yang hangat dan penuh kasih sayang dengan anak.
  • Memberikan motivasi dan menanamkan rasa percaya diri pada anak
  • Menjalin hubungan dan komunikasi yang aktif dengan pihak sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif
  • Berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan anak di sekolah
  • Berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan anak di sekolah

Aplikasi Grafik Kelulusan Siswa di Sekolah Sajikan Data Tepat Dan Akurat

Aplikasi grafik kelulusan atau lulusan siswa pada suatu sekolah ini sangat baik digunakan oleh rekan-rekan guru di sekolah guna memantau perkembangan data jumlah siswa yang lulus pada suatu sekolah dari tahun ke tahun, dengan perbandingan data itulah kita bisa menjadikan referensi sejauh mana perkembangan sekolah dan sejauh mana jumlah siswa yang lulus dan tidak lulus pada grafik atau diagram dari tahun ke tahun.

Grafik lulusan siswa sekolah ini berbasis excel, dengan aplikasi excel tentu cara penggunaan nya lebih mudah, meski demikian kami sedkit memberikan bocoran aplikasi grafik siswa excel ini, dengan panduan sebagai berikut:

Panduan pengisian aplikasi grafik lulusan siswa pada sekolah.
1. Input data sekolah, silahkan sesuaikan pada isian yang ada (bagian tengah menu)
2. Input tahun pelajaran (bagian kiri menu)
3. Input jumlah siswa yang lulus (bagian kiri menu)
4. Merubah warna grafik klik dua kali pada diagram yang tersaji.
lihat tampilan grafik siswa berikut ini.

DOWNLOAD DISINI

Buku Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Jenjang Sekolah Dasar
Keterampilan literasi

Kompetensi literasi dasar (menyimak-berbicara, membaca-menulis, berhitung memperhitungkan, dan mengamati-menggambar) sudah selayaknya ditanamkan sejak pendidikan dasar, lalu dilanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi agar peserta didik dapat meningkatkan kemampuan untuk mengakses informasi dan pengetahuan.

Selain itu, peserta didik mampu membedakan informasi yang bermanfaat dan tidak bermanfaat. Hal itu karena literasi mengarahkan seseorang pada kemampuan memahami pesan yang diwujudkan dalam berbagai bentuk teks (lisan, tulis, visual).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, salah satunya, mengenai kegiatan membaca buku nonpelajaran selama lima belas menit sebelum waktu belajar dimulai. Kegiatan tersebut adalah upaya menumbuhkan kecintaan membaca kepada peserta didik dan pengalaman belajar yang menyenangkan sekaligus merangsang imajinasi.

Baca juga artikel terkait:
GLS dikembangkan berdasarkan sembilan agenda prioritas (Nawacita) yang terkait dengan tugas dan fungsi Kemendikbud, khususnya Nawacita nomor 5, 6, 8, dan 9. Butir Nawacita yang dimaksudkan adalah (5) meningkatkan kualitas hidup manusia dan masyarakat Indonesia; (6) meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan
bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya; (8) melakukan revolusi karakter bangsa; (9) memperteguh kebinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia.
DOWNLOAD DISINI

Prioritas Calon Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2016 Buku 1 Edisi Revisi Ke-2

Pedoman sertifikasi guru dalam jabatan dalam panduannya telah beberapa kali mengalami revisi kebijakan dan pada revisi kedua ini nampaknya sudah final pedoman penetapan peserta sertifikasi guru dalam jabatan dengan prioritas penetapan sebagai peserta sertifikasi dengan acuan usia, masa kerja, nilai UKG, akademik, pangkat golongan dan sebagainya.

Buku 1 Pedoman Penetapan Peserta
Buku 2 Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Guru
Buku 3 Pedoman Penyusunan Portofolio
Buku 4 Rambu-Rambu Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG)
Buku 5 Pedoman Pengelolaan Dana Sertifikasi Guru dalam Jabatan Tahun 2016.

Dalam buku 1 edisi revisi kedua (sumber sergur kemdikbud). Calon peserta sertifikasi guru tahun 2016 diprioritaskan bagi guru yang diangkat sebelum 31 Desember 2005 dan telah memenuhi persyaratan administrasi. Urutan prioritas masing-masing kelompok sebagai berikut.
  • a. Guru yang mengikuti sertifikasi kedua karena perubahan kurikulum.
  • b. Semua guru yang diangkat dalam jabatan pengawas yang memenuhi persyaratan dan belum memiliki sertifikat pendidik
  • c. Semua guru yang mengajar di daerah perbatasan, terdepan, terluar yang memenuhi persyaratan.
  • d. Usia guru dihitung berdasarkan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran yang tercantum dalam akta kelahiran atau bukti lain yang sah.
  • e. Masa kerja guru dihitung sejak yang bersangkutan bekerja sebagai guru baik sebagai PNS maupun bukan PNS sesuai peraturan yang berlaku dan diperhitungkan hanya saat guru mengajar dibuktikan dengan SK mengajar. Guru TK dapat dihitung setelah lulus pendidikan menengah, guru SD setelah lulus D1/D2/D3/S1, guru SMP setelah lulus D2/D3/S1, guru SMA dan SMK setelah lulus D3/S1.
Contoh perhitungan masa kerja:
Contoh 1
Guru “G” adalah seorang guru PNS yang memiliki masa kerja selama 10 tahun 5 bulan, namun guru “G” tersebut sebelum diangkat menjadi PNS telah mengajar sebagai guru honorer di sebuah SD selama 5 tahun 2 bulan. Masa kerja guru “G” dihitung kumulatif semenjak yang bersangkutan bertugas sebagai Guru yaitu 15 tahun 7 bulan. Bukti masa kerja Guru honorer berupa SK Kepala Sekolah (SK Pengangkatan dan atau SK Beban Mengajar) tempat Guru yang bersangkutan saat menjadi Guru honorer.

Contoh 2
Guru “H” adalah seorang guru PNS lahir pada 24 Januari 1985, diangkat menjadi CPNS Desember tahun 2009, lulus S-1 Oktober tahun 2008. Guru “H” melampirkan SK pertama mengajar sebagai guru tidak tetap yayasan tahun 2004 di salah satu SMP Swasta. Guru “H” pada tahun 2004 mengajar dengan menggunakan kualifikasi akademik SMA, maka pengalaman mengajar dengan SK tahun 2004 ini TIDAK dapat diperhitungkan sebagai masa kerja. Masa kerja yang dihitung sejak adalah sejak lulus S-1. (Sesuai PP No. 32 Tahun 1992 tentang Tenaga Pendidikan dan Lampiran Kepmendiknas Nomor: 060/U/2002)

Contoh 3
Guru ”I” adalah seorang guru PNS lahir pada 9 Juli 1980, diangkat menjadi CPNS tahun 2010, lulus S-1 Oktober tahun 2008, dan yang bersangkutan sudah memiliki ijazah D-III pada tahun 2002. Guru “I” melampirkan SK pertama mengajar sebagai guru honorer 1 Agustus tahun 2003 di salah satu SMA Negeri, maka masa kerja dengan SK ini DAPAT dihitung karena ketika mengajar di SMA yang bersangkutan menggunakan ijazah D-III. Masa kerja guru “H” sampai Desember tahun 2015 (pada saat mendaftar sebagai peserta sertifikasi) adalah 13 tahun 4 bulan.

Pangkat/Golongan terakhir yang dimiliki guru saat dicalonkan sebagai peserta sertifikasi guru. Kriteria ini adalah khusus untuk guru PNS atau guru bukan PNS yang telah memiliki SK Inpassing.
Bagi guru yang mengajar tahun 2006-2015 urutan penetapan peserta diawali dengan nilai UKG tertinggi. Data peserta sertifikasi guru sesuai dengan urutan di atas akan ditampilkan pada AP2SG yang akan dijadikan dasar penetapan peserta sertifikasi guru tahun 2016.

Selengkapnya silahkan lihat buku 1 edisi revisi kedua yang kami unduh di sergur.kemdiknas.go.id

Aplikasi Data Usia atau Umur Siswa Hitung Cepat Secara Akurat

Usia atau umur merupakan suatu data yang cukup penting dan tak terkecuali di kalangan dunia pendidikan, usia siswa maupun guru juga menjadi bagian administrasi yang harus jadi bahan recording data sekolah dan biasanya untuk mendata ini tidaklah mudah jika dengan begitu banyak jumlah siswa di sekolah kita.

Aplikasi hitung usia siswa yang berbasis excel ini sedikit bisa menjadi bahan referensi bagi rekan guru atau bagian administrasi tata usaha sekolah dalam input hitung data usia siswa yang lebih cepat, akurat dan nyaman dalam penggunaan, aplikasi ini layaknya aplikasi data siswa lainnya yang memiliki komponen isian data utama, dan vital ikuti acuan penulisan tanggal, bulan tahun lahir pada aplikasi ini di bagian menu data siswa.
Aplikasi sejenis lihat juga
a.Aplikasi Tata tertib siswa
b.Aplikasi Kesiswaan sekolah format excel

Aplikasi data umur siswa ini bisa menjadi solusi mudah dan hitung otomatis umur siswa bagi rekan-rekan terutama didunia pendidikan pada aplikasi pendidikan yang khusus kami sediakan dibawah ini dan dapat diunduh secara gratis. lihat tampilan berikut ini.

Aplikasi Tata Tertib Siswa Berbasis Excel Komplit Dengan Grafik Perkembangan
Tata tertib sekolah dan siswa adalah aturan yang disepakati warga sekolah, guru maupun siswa, dalam tata tertib siswa di sekolah pastinya para siswa sudah mengetahui lebih awal dan menyepakati aturan tersebut.

Jika aturan telah disepakati tinggal tahap implementasi yang jelas yang pada proses nya baik sanksi atau reward ini perlu recording data dalam pencacatan, aplikasi tata tertib siswa berformat excel ini bisa sedikit membantu rekan-rekan guru di sekolah dalam pencatatan dan implenentasi aturan tersebut, hingga lebih mudah melihat track record dari point-point yang dilanggar oleh siswa tersebut.

Baca juga aplikasi Kesiswaan Administrasi Sekolah

Panduan penggunaan kami kira cukup jelas dari bagian menu utama aplikasi ini, sedikit catatan kami sampaikan dalam penggunaan menu tersedia adalah sebagai berikut:
  • Klik per siswa untuk melihat rekap pelanggaran siswa, jangan lupa lihat nomor urutnya di input data pelanggaran.
  • Klik per kelas untuk melihat rekap pelanggaran per kelas, untuk melihat per kelas tertentu gunakan petunjuk filternya
  • Klik per jenis pelanggaran untuk melihat siapa saja yang melihat berdasarkan jenis pelanggaran
  • Klik pertingkat pelanggaran untuk melihat data siswa berdasarkan tingkat pelanggaran
  • Pastikan sudah klik per siswa dan melihat nama siswa sebelum klik teguran tertulis, surat otomatis langsung bisa dicetak sesuai nama yang diinginkan
  • Pastikan sudah klik per siswa dan melihat nama siswa sebelum klik panggilan orang tua, surat otomatis langsung bisa dicetak sesuai nama yang diinginkan
  • Pastikan sudah klik per siswa dan melihat nama siswa sebelum klik skorsing 7 hari, surat otomatis langsung bisa dicetak sesuai nama yang diinginkan
  • Klik laporan per bulan untuk melihat data dan grafik pelaksanaan pada bulan yang diinginkan
  • Klik laporan perkembangan untuk melihat data dan grafik perkembangan pelaksanaan tata tertib
Lihat tampilan aplikasi tata tertib siswa berikut ini.

Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah Dirjen Dikdasmen
Buku Design induk literasi milik Dirjen Dikdasmen, source dikdas.kemdikbud.go.id
GLS merupakan merupakan suatu usaha atau kegiatan yang bersifat partisipatif dengan melibatkan warga sekolah (peserta didik, guru, kepala sekolah, tenaga kependidikan, pengawas sekolah, Komite Sekolah, orang tua/wali murid peserta didik), akademisi, penerbit, media massa, masyarakat (tokoh masyarakat yang dapat merepresentasikan keteladanan, dunia usaha, dll.), dan pemangku kepentingan di bawah koordinasi Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

GLS adalah gerakan sosial dengan dukungan kolaboratif berbagai elemen. Upaya yang ditempuh untuk mewujudkannya berupa pembiasaan membaca peserta didik. Pembiasaan ini dilakukan dengan kegiatan 15 menit membaca (guru membacakan buku dan warga sekolah membaca dalam hati, yang disesuaikan dengan konteks atau target sekolah). Ketika pembiasaan membaca terbentuk, selanjutnya akan diarahkan ke tahap pengembangan, dan pembelajaran (disertai tagihan berdasarkan Kurikulum 2013). Variasi kegiatan dapat berupa perpaduan pengembangan keterampilan reseptif maupun produktif.

Dalam pelaksanaannya, pada periode tertentu yang terjadwal, dilakukan asesmen agar dampak keberadaan GLS dapat diketahui dan terus-menerus dikembangkan.


GLS diharapkan mampu menggerakkan warga sekolah, pemangku kepentingan, dan masyarakat untuk bersama-sama memiliki, melaksanakan, dan menjadikan gerakan ini sebagai bagian penting dalam kehidupan.
Kegiatan literasi selama ini identik dengan aktivitas membaca dan menulis. Namun, Deklarasi Praha pada tahun 2003 menyebutkan bahwa literasi juga mencakup bagaimana seseorang berkomunikasi dalam masyarakat. Literasi juga bermakna praktik dan hubungan sosial yang terkait dengan pengetahuan, bahasa, dan budaya (UNESCO, 2003).

DOWNLOAD DISINI

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget