April 2016

Aplikasi Analisis Soal Uraian Kurikulum 2013 Skala Konversi 4.00
Program analisis butir soal uraian kurikulum 2013 ini bisa digunakan rekan guru sebaik mungkin dalam proses olah nilai hasil belajar peserta didik, hanya sedikit perbedaan dengan analisis soal uraian KTSP yaitu pada konversi skala 4.00 yang dimiliki K13 atau kurtilas analisis butir soal kurikulum 2013 ini pun bisa digunakan pada jenjang SD,SMP/MTs, SMA/MA maupun SMK.

Analisis Soal Uraian Kurikulum 2013 terdiri dari data isian yang bisa disesuaikan atau diedit sesuai kemauan dalam menyesuaikan data guru, siswa dan sekolahnya, konten terkait kurikulum 2013 di blog ini adalah sebagai berikut:

Pada analisis butir soal ini hasil modifikasi dari analisis butir soal yang biasa kita gunakan, pada prinsipnya sama, perbedaannya hanya pada tampilannya sudah dikonversi ke skala penilaian 4. Silahkan anda gunakan, mudah-mudahan bermanfaat, dengan komponen isian data yang disesuaikan sebagai berikut:
  • Input jawaban
  • Input data kelompok atas dan bawah 
  • Proses analisis
  • Daftar nilai ujian
  • Hasil analisis butir soal
Lihat tampilan dibawah ini

Format Jurnal Harian Kurikulum 2013 Tematik Integratif

Jurnal harian kurikulum 2013 memang tak berbeda jauh dengan jurnal KTSP, contoh jurnal ini hanya sebagian kecil gambaran bagi rekan guru yang akan, sedang bahkan tengah mengimplementasikan kurikulum 2013 di sekolahnya.

Jika pada KTSP ada sebuah istilah Standar Kompetensi maka pada K13 dengan istilahnya Kompetensi Inti, kami bagikan contoh format jurnal harian berbasis excel ini agar kiranya dapa membantu sebagai referensi para guru untuk pembelajaran kurikulum 2013.

Contoh format jurnal harian ini dengan komponen menu sebagai berikut:
1. Hari tanggal pelaksanaan pembelajaran
2. Kompetensi inti
3. Kompetensi dasar
4. Tema dan sub tema
5. materi
6. indikator
7. Penilaian

Contoh jurnal ini hanya sebagian kecil apabila bapak ibu ingin menggunakannya silahkan copy paste lebih awal karena satu file ini hanya memuat 1 subtema dan 6 pembelajaran dalam satu minggu, silahkan mengedit sesuai kemauan jika mau digandakan lebih awal. lihat tampilan berikut ini:

Software Melatih Pengucapan Bahasa Inggris Yang Baik Dan Benar Pronaunsation

Bahasa Inggris salah satu mata pelajaran tambahan yang biasanya ada di Sekolah Dasar dan menjadi mata pelajaran wajib pada jenjang diatasnya, pada kesempatan kali ini kami coba berbagi software belajar bahasa Inggris dari Talkit dalam melatih cara pengucapan ( PRONAUNSATION ), pada penggunaanya bapak/ibu tinggal tuliskan kata apa saja kemudian pilih talk it.

Suara yang keluar bisa diatur apakah mau suara perempuan dewasa, laki-laki dewasa, anak-anak, suara laki-laki tegas, tak cukup sampai disitu jika terdengar suara yang keluar terlalu cepat maka bisa diatur kecepatan agar lebih jelas yang mendengarkannya pada menu speed.

Software dari talkit ini juga tak hanya untuk Bahasa Inggris tapi juga untuk Bahasa Spanyol nah tinggal pilih bahasa mana yang mau dipakai saat mau menggunakan software talkit ini, lihat gambar diatas yang telah kami sematkan.

Menurut fungsi aplikasi atau software talk it ini bisa digunakan bagi mereka yang ingin belajar cara pengucapan Bahasa Inggris yang baik dan benar tak hanya kalangan pelajar yang bisa menggunakanya.

Strategi Membaca Pemahaman Pada Program Literasi Sekolah
Posisi duduk saat membaca dan menulis yang baik
Semakin banyak pengetahuan dan pengalaman siswa tentang topik yang dibacanya, semakin mudah siswa memahami teks tersebut masih ingat  pada bahasan klik baca praktek membaca pemahaman dengan media big book yang kita bahas beberapa hari yang lalu, pada bahasan kali ini kita akan bahas strategi-strategi dalam membaca pemahaman yang baik pada program literasi sekolah kita coba pada kelas rendah, kelas 1, 2 dan 3 Sekolah Dasar.
Strategi Membaca Pemahaman Pada Program Literasi Sekolah
Gambar yang bisa digunakan dikelas rendah

Strategi Membaca Pemahaman
1. Mengaktifkan Pengetahuan

Contoh – contoh pertanyaan :

Siapa yang ada di gambar ini, laki-laki atau perempuan?

Siapa kira – kira namanya?



Strategi Membaca Pemahaman Pada Program Literasi Sekolah
kelas rendah
2.Menghubungkan
Teks dengan dirinya sendiri.

Apakah kamu pernah membantu Ibu di rumah?
(2) Teks dengan dunia anak

Apakah kamu pernah melihat bunga yang berbeda?
(3) Teks dengan Teks lain
Apakah kamu pernah membaca buku tentang menyiram bunga/tanaman?

3. Menduga
Siswa menggunakan pengetahuan sebelumnya. Siswa berpikir melebihi apa yang tertulis dalam teks.
Mengapa Nina suka membantu Ibu dirumah?
Strategi Membaca Pemahaman Pada Program Literasi Sekolah
contoh gambar yang bisa digunakan dikelas rendah
4. Memprediksi 
Menuntut siswa untuk memprediksi tentang apa yang akan terjadi dan mengkonfirmasi prediksi tersebut dalam aktifitas membaca yang dilakukannya?
Apa yang akan terjadi kemudian?
Bagaimana cerita selanjutnya?

5. Mempertanyakan
Siswa mengajukan pertanyaan – pertanyaan di seputar teks itu agar tetap membaca, menuntun siswa pada bacaan, mengklarifikasi kebingungan dan membuat pemahaman awal.
Mengapa Nina senang membantu Ibu?

6. Menyimpulkan
Strategi ini dapat melalui kegiatan memparafrasakan ide dalam bentuk pernyataan yang ringkas.
Apa kegemaran Nina?
Kegiatan apa yang dilakukan Nina untuk menolong Ibu?
dll

7. Memvisualisasikan
Penggambaran dapat dilakukan melalui gambar – gambar dengan kata-kata verbal bergantung pada tujuan.
Bisakah kalian gambarkan tentang Nina?

Strategi Membaca Pemahaman Pada Program Literasi Sekolah
Contoh memvisualisasikan
Segalanya berawal dari kita sebagai guru dalam mengelola cara mengajar yang baik, agar anak didik kita merasa nyaman dan suasana belajar yang menyenangkan lahir dengan kondisi tersebut maka proses transfer ilmu pengetahuan akan jauh lebih mudah dan menyenangkan.

Contoh Program Literasi Sekolah Rancangan Seimbang Strategi Pembelajaran

Contoh program literasi sekolah ini merupakan komponen agar terselenggaranya kegiatan literasi terencana dan sistematis dengan memperhatikan faktor serta kondisi lingkungan sekolah setempat.
Program literasi yang seimbang didesain dengan memperhatikan beragam strategi pembelajaran, pemilihan bahan sesuai dengan kebutuhan dan guru yang responsif. Keterampilan literasi siswa sangat berpengaruh terhadap pencapaian akademiknya. Semakin baik literasi siswa,akan semakin baik pula pencapaian akademiknya.

Keterampilan Literasi adalah keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis Keterampilan literasi akan berkembang melalui pembiasaan. Kegiatan yang beragam dapat memotivasi siswa untuk menyenangi literasi.

Program Literasi Seimbang
Dengan demikian Bimbingan guru semakin berkurang, siswa membaca dengan mandiri, Guru memberikan bimbingan maksimal

Merancang Program Literasi di sekolah contoh program literasi sekolah adalah sebagai berikut, hanya sebagai referensi saja bagi bapak/ibu yang ingin menerapkan kegiatan literasi ini di sekolah nya.
Contoh Program Literasi Sekolah Rancangan Seimbang Strategi Pembelajaran
Baca juga keterampilan dan strategi literasi sebagai berikut:
Literasi sangat penting bagi siswa karena keterampilan dalam literasi berpengaruh terhadap keberhasilan belajar mereka dan kehidupannya. Keterampilan literasi yang baik akan membantu siswa dalam memahami teks lisan, tulisan maupun gambar/visual.

Petunjuk Pengisian Ijazah Tahun Pelajaran 2015/2016 dari Balitbangi Kemdikbud

Petunjuk pengisian blangko ijazah satuan pendidikan dasar dan menengah tahun pelajaran 2015/2016, atau Juknis penulisan ijazah 2016.Ijazah untuk SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, dan SMK hanya diterbitkan oleh satuan pendidikan yang sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M), sedang Ijazah untuk Paket A, Paket B, dan Paket C oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Bagi SD/SDLB, SMP, SMA dan SMK adalah sebagai berikut:

PETUNJUK KHUSUS PENGISIAN HALAMAN DEPAN
1. BLANGKO IJAZAH SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, dan SMK.
a. Pengisian Kepala Sekolah adalah nama sekolah yang menerbitkan Ijazah sesuai dengan nomenklatur.
b. Pengisian nama pemilik Ijazah menggunakan HURUF KAPITAL sebagai berikut:

1) SD dan SDLB, sesuai dengan yang tercantum pada akte kelahiran/dokumen kelahiran yang sah sesuai dengan peraturan perundang-undangan;

2) SMP, SMPLB, SMA, SMALB, dan SMK sesuai dengan yang tercantum pada Ijazah yang diperoleh dari satuan pendidikan sebelumnya, atau sesuai akte kelahiran/dokumen kelahiran yang sah sesuai dengan peraturan perundang-undangan, apabila terdapat kekeliruan pengisian pada Ijazah sebelumnya.
c. Pengisian tempat dan tanggal lahir pemilik Ijazah sebagai berikut:

1) SD dan SDLB, sesuai dengan yang tercantum pada akte kelahiran/dokumen kelahiran yang sah sesuai dengan peraturan perundang-undangan;

2) SMP, SMPLB, SMA, SMALB, dan SMK, sesuai dengan yang tercantum pada Ijazah yang diperoleh dari satuan pendidikan sebelumnya, atau sesuai akte kelahiran/dokumen kelahiran yang sah sesuai dengan peraturan perundang-undangan, apabila terdapat kekeliruan pengisian pada Ijazah sebelumnya.
d. Pengisian nama orang tua/wali pemilik Ijazah sebagai berikut:

1) SD dan SDLB, sesuai dengan yang tercantum pada akte kelahiran/dokumen kelahiran yang sah sesuai dengan peraturan perundang-undangan;

2) SMP, SMPLB, SMA, SMALB, dan SMK, sesuai dengan yang tercantum pada Ijazah yang diperoleh dari satuan pendidikan sebelumnya, atau sesuai akte kelahiran/dokumen kelahiran yang sah sesuai dengan peraturan perundang-undangan, apabila terdapat kekeliruan pengisian pada Ijazah sebelumnya;

3) Wali dituliskan bila pemilik Ijazah menjadi tanggungjawab pihak tertentu dalam kelangsungan hidup atau pelaksanaan pendidikannya. Nama wali dituliskan sesuai dengan dokumen kelahiran/identitas yang sah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
e. Pengisian nomor induk siswa pemilik Ijazah sesuai dengan nomor induk siswa pada satuan pendidikan seperti tercantum pada buku induk.

Baca juga artikel terkait Format dan Contoh Blangko Ijazah dan SHUN tahun 2016
Bagi rekan guru untuk melihat Perka Ijazah dan Perka SHUN tahun 2016 klik DISINI

Kembali pada juknis penulisan ijazah berikut tampilan yang kami perlihatkan dan silahkan gunakan slider kursur kanan untuk melihatnya, jika ingin memilikinya silahkan unduh pada tautan dibawahnya.

Buku Induk Guru Dan Kepegawaian Pada Administrasi Sekolah
Buku induk guru atau buku induk kepegawaian, salah satu bagian administrasi sekolah ini mempunyai peran vital dalam tatanan arsip sekolah, buku induk guru ini dibuat agar bisa dijadikan data utama kepegawaian di sekolah, namun tentu saja buku induk ini masih banyak yang harus disempurnakan, mengingat penyesuaian dengan keadaan sekolah masing-masing.

Buku induk guru atau kepegawaian ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006, dalam buku induk yang kami bagikan ini memuat data sebagai berikut:
1. Data sekolah (disesuaikan)
2. Data pengajar dan yang pernah memimpin disekolah
3. Data pribadi guru diserta foto, kolektif satu sekolah. memuat semua data informasi pribadi guru
4. Daftar penilaian pelaksanaan pekerjaan, hal ini masuk dalam prilaku kinerja pada SKP.

Artikel terkait pada posting kami sebelumnya berbentuk aplikasi excel: baca juga
Selengkapnya silahkan lihat tampilan dibawah ini, geser kursur mouse pada slider kanan yang ada untuk melihat lebih lengkap.



Panduan Atau Tips Menulis Cerita Cepat Untuk Guru

Dalam penulisan cerita atau membuat cerita bagi seorang guru kebanyakan akan ragu dan cenderung beralasan tidak bisa, langsung bawaan nya mumet bagi seabagian guru yang diminta membuat cerita sendiri dan menuliskannya, suka atau tak suka pada suatu waktu bisa saja Bapak/Ibu diminta membuat cerita sendiri dan menuliskannya apalagi diminta menulis cerita cepat, dengan itu tentunya kita lebih bersiap sedari dini dari tips berikut:
Apa reaksi anda jika di minta menulis cerita?
Panduan Atau Tips Menulis Cerita Cepat Untuk Guru
Itu mungkin bagi sebagian orang, Bapak/Ibu mau seperti ini, atau diminta menuliskan cerita cepat terasa santai saja, karena sejatinya itu mudah....
Apa reaksi anda jika di minta menulis cerita?
Panduan Atau Tips Menulis Cerita Cepat Untuk Guru


Follow Me !
1. Pikirkan ide cerita
Lakukan beberapa hal untuk mencari inspirasi ; baca buku-buku favorit anda, perhatikan lingkungan sekitar, mengobrol dengan anak-anak . Lakukan apa yang tepat untuk anda!
Pilih cerita yang sesuai dengan bakat dan minta anda (fantasi, misteri, aksi, dll)
Pada cerita anak anda tak harus bersikap realistis. Anda bisa menulis tentang kera yang bisa berbicara, dunia peri yang serba ajaib. Kembangkan imaji!

2. Kembangkan tokoh cerita yang anda punya.
Siapa tokoh utamanya?
Berapa banyak tokoh di dalamnya?
Siapa tokohnya? Manusia, hewan , fantasi
Buat gambaran para tokoh cerita dan bagaimana mereka terlibat dalam cerita.

3. Pastikan gaya penulisan anda sesuai dengan usia sasaran 
Usia 3 – 5 tahun :
Tema yang bisa digunakan petualangan ; tersesat dan mencari jalan pulang, berani, berbagi sesuatu, pemaaf,  dll
Gunakan kalimat sederhana untuk menjelaskan sesuatu.
Usia 5 – keatas:
Penggunaan kata – kata sudah mulai lebih kompleks tetapi tetap harus berhati – hati dalam menjelaskannya agar pembaca muda anda tidak frustasi dalam memahaminya.
Buku bisa cukup panjang (terbaca selama 2 – 3 malam)
Tema yang bisa digunakan : mengatasi tantangan, memahami alasan baik dalam melakukan sesuatu, dll.

4. Buatlah gambaran cerita jika di perlukan.
Kecuali anda menulis untuk tingkat usia sangat muda. Akan lebih bijak jika anda merencanakan baik-baik struktur cerita lebih dulu. Gunakan note ; buat dalam bentuk gambar atau tulis gambaran cerita secara umum. Yang penting anda memiliki pemahaman umum sejak awal, tengah dan akhir cerita.
Pembagiannya :

Perkenalkan tokoh cerita dengan penjelasan sifat fisik dan kepribadian, lingkungan mereka dan dengan siapa mereka berhubungan.
Buat masalah atau konflik. Bisa terjadi antara 2 orang, konflik internal (dengan diri sendiri) atau konflik tokoh utama mengatasi halangan dengan dunia luar.
Tulislah puncak cerita, dimana dibagian ini tokoh berhadapan langsung dengan sumber konflik.
Tunjukkan bagaimana para tokoh cerita memecahkan masalah dan apa yang terjadi setelah itu.

TIPS MENULIS CERITA ANAK
Gunakan humor saat memungkinkan. Bagi anak – anak usia muda, pusatkan pada hal-hal lucu yang akan membuat pembaca anak maupun dewasa tertawa bersama
Gunakan kata-kata yang berirama sederhana. Hal ini membuat cerita lebih mudah dan lebih menyenangkan dibaca keras-keras baik oleh anak maupun para orang tua ( mis : fox in socks Dr. Seuss)
Bila memungkinkan, tunjukkan kepribadian tokoh cerita melalui kata – kata dan perbuatannya bukan pernyataan lemah seperti “santi itu jahat” lebih baik menulis “Santi merebut pensil itu dari Ika dan berkata sekarang pensil ini milikku”.

Pertimbangkan apakah akan menambahkan gambar atau tidak. Jika anda bisa menggambar, menambahkan karya seni anda sendiri bisa menambah keindahan cerita dan membuatnya lebih mudah diikuti.

Sebagian besar cerita untuk anak – anak sebaiknya berakhir dengan bahagia ; karena biasaanya anak- anak tidak suka bila tokoh kesayangan mereka mengalami akhir yang buruk. Tapi tidak semua cerita harus berakhir dengan bahagia, akhir sedih pun tapi dikarang dengan baik bisa membantu anak-anak menghadapi beberapa pelajaran hidup yang lebih keras.
Jelaskan tokoh cerita atau tempat sebaik mungkin agar pembaca berusia muda bisa menggambarkannya dengan cara seperti yang anda inginkan, tetapi jangan membuat penjelasan yang rumit ; ini akan membingungkan anak dan mengalihkan dari cerita itu sendiri.

Contoh :
YA : Dia berjalan dengan berani menuju hutan hijau berbau busuk itu dan bersin dengan suara keras.
JANGAN : Dia berjalan dengan berani menuju bayang – bayang matahari, pepohonan yang menghijau, bau membusuk dari kulit kayu tua yang membusuk dan daun – daun yang menegring. Suara bersinnya mengguncang seantero hutan.
Dunia yang di gambarkan pada sebagian besar cerita anak adalah cerah, penuh warna dan penuh harapan ; kepribadian tokoh memiliki sikap positif.
Dari cerita yang anda tulis memiliki hikmah cerita di dalamnya.

Menulis terus!
Setelah kata pertama,
kalimat pertama,
paragraph pertama,
Buku pertama
lanjut terus …
Jaga semangat! (Ashadi Siregar : Cintaku di Kampus Biru)

Artikel ini dari
Syefriani Darnis
Freelance Writer/Lecturer/
Early Childhood Edu. Programme Consultant
syefrianidarnis@yahoo.com


Brosur atau contoh pamflet promo sekolah untuk penerimaan peserta didik baru (PPDB). Penerimaan siswa baru seperti tahun-tahun sebelumnya merupakan agenda rutin sekolah, adanya brosur ini sedikit banyak mengenalkan sekolah ke masyarakat umum dari berbagai visi-misi, kegiatan yang telah dilakukan sarana dan prasarana serta yang paling vital adalah tentang cara pendaftaran siswa baru kesekolah kita beserta syarat-syarat pendaftaran di brosur dan formulir PPDB.

Kami coba berbagi brosur penerimaan siswa baru/PSB yang mungkin saja bisa jadi referensi bagi rekan-rekan guru di sekolah yang membutuhkannya, file contoh brosur sekolah ini berekstensi docx, berbasis Ms.Word jadi akan mudah untuk di edit disesuaikan pada data sekolah masing-masing.

Lihat tampilan yang kami sediakan seperti dibawah ini.
Contoh Brosur Sekolah Penerimaan Siswa Baru Bisa Di Edit

Secara penggunaan tidaklah sulit contoh brosur yang kami bagikan ini karena tentu sudah paham melakukan edit data pada Ms.Office word, jika mungkin berminat untuk menjadikan referensi silahkan klik unduhan pada lampiran yang kami sematkan dibawah ini.

Format Dan Contoh Blanko Ijazah Dan SHUN Tahun 2016 Balitbang Kemdikbud
Ijazah adalah dokumen resmi yang diterbitkan sebagai pengakuan terhadap prestasi belajar dan/atau penyelesaian suatujenjang pendidikan setelah lulus ujian, pada format yang telah dirilis balitbang kemdikbud ini untuk tahun pelajaran 2015/2016 Blanko Ijazah meliputi jenjang SD/SDLB, SMP,SMA dan SMK yang pada contoh SHUN 2016 meliputi jenjang SMP,SMA,SMA,MTs, Paket dan SMK.

Sertifikat Hasil Ujian Nasional yang selanjutnya disebut SHUN adalah surat keterangan yang berisi Nilai UN serta tingkatan capaian Standar Kompetensi Lulusan yang dinyatakan dalam kategori; Blanko SHUN adalah format resmi yang dicetak oleh Pemerintah dan/atau pemerintah daerah yang akan digunakan sebagai Sertifikat Hasil Ujian Nasional.

Dari Peraturan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang Blangko ljazah Nomor: 4157 /H/EP/2016 dan Blangko SHUN Nomor: 4156/H/EP/2016 unruk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Pelajaran 2015/2016 (kami juga telah mengunggah perka tersebut pada laman http: un.kemdikbud.go.id.) yang kami teruskan saat ini.

Baca juga Juknis Penulisan Ijazah Tahun 2016

Dalam file unduhan yang kami sajikan meliputi contoh Ijazah dan SHUN semua jenjang sekolah naungan kemdikbud, dan yang kami tampilkan ini hanya contoh ijazah untuk Sekolah Dasar sederajat.

Tips Olah Vokal dan Olah Tubuh Yang Baik Bagi Guru
berpakaian seperti hakim seorang guru ajarkan tentang sistem peradilan di Indonesia
Dalam menjelaskan materi pelajaran sangat penting bagi guru untuk menguasai materi tersebut, namun itu saja saat ini tidak cukup, ada unsur yang harus diperhatikan bagi seorang guru, suka atau tidak suka seorang guru dalam mengajar dan mendidik tak lepas dari suara atau bicara dalam berbagai pelajaran yang sedang dijelaskan, kekuatan suara bagi seorang guru merupakan power yang tak bisa dianggap remeh karena dari berbagai pengalaman nyata siswa siswi didalam kelas juga mempunyai minat yang ideal tentang suara sang guru sebagai raja dikelas dalam memberikan materi pelajaran.

Ada rasa bosan jikalau suara gurunya terlalu pelan, atau monoton tekanan aksen kata yang harusnya di munculkan atau show proses see and show ini sangat vital jika ingin membuat suasana kelas tersebut lebih menyenangkan, pada prosesnya berbagai teknik misal olah tubuh, olah vokal yang baik ini baik dilakukan oleh rekan-rekan guru.

Berikut kami coba berbagi.
Tips bagaimana cara olah vokal yang baik dan olah tubuh yang baik untuk seorang guru
Dalam olah vokal tentu tak lepas dari sub-sub tips berikut ini:

1. Teknik olah vokal/vocal seorang guru tips dan panduan dibawah:
a. Teknik Olah Nafas (Biasanya disebut teknik 4-7-8)
  • Tarik nafas 4 hitungan
  • Tahan nafas di perut 7 hitungan
  • Keluarkan nafas 8 hitungan (getarkan pita suara)
  • Biasakan bangun tidur 10-15 menit sebelum minum air putih
Kemudian latih nafas
Tarik nafas 4 hitungan
Tahan nafas di perut 7 hitungan
Keluarkan nafas 8 hitungan (keluarkan suara A......)
  • Suara Low
  • Suara Middle
  • Suara Tinggi
b. Teknik senam wajah
  • A-I-U-E-O tanpa suara 6 kali
  • A-I-U-E-O Keluarkan suara perut 6 kali 
Tips Olah Vokal dan Olah Tubuh Yang Baik Bagi Guru
Ekspresi seorang guru saat menjelaskan (show)

2. Teknik Olah Tubuh lakukan langkah berikut
  • Sambil mengucapkan A-I-U-E-O 3 kali
  • Gerakan Kepala
  • Gerakan pundak
  • Gerakan pinggang
  • Gerakan lutut
  • Gerakan kaki
  • Gerakan membungkuk 3 step sampai posisi push up
  • Posisi superman
  • Duduk kaki menyilang (kaki kanan ke kiri, tangan kiri pegang jempol kaki kiri)
  • Tidur rebahan
  • Tidur rebahan dan 2 kaki diangkat 45 derajat
  • Tidur rebahan tangan dan kepala diangkat (2x)
  • Tidur rebahan bentuk huruf V (3x)
  • Duduk selonjoran dan kaki digoyang-goyangkan
Seorang presenter terkenal yang kita dengar suaranya begitu nyaman didengar juga tak lepas dari latihan-latihan olah vocal dan olah tubuh yang baik lakukan kegiatan tersebut setiap hari secara konsisten.

Keterampilan menjelaskan sangat penting bagi seorang guru karena sebagian besar percakapan guru yang mempunyai pengaruh terhadap pemahaman siswa adalah berupa penjelasan. Terlebih lagi penjelasan kita merupakan pelajaran yang dianggap abstrak oleh sebagian siswa, sehingga sangat dibutuhkan penjelasan yang baik dan benar untuk bisa mengubah menjadi sesuatu yang konkrit. Penguasaan keterampilan menjelaskan yang didemonstrasikan guru akan memungkinkan siswa memiliki pemahaman yang mantap tentang masalah yang dijelaskan, serta meningkatnya keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Mari kita simak referensi video, cara mengajar yang baik dari vokal dan olah tubuh yang baik, see and show dalam penjelasan saat mengajar

Ebook Pakematik Pembelajaran Aktif, Kreatif dan Menyenangkan Berbasis TIK

Pakematik, Pembelajaran Aktif, Kreatif, Inovatif dan Menyenangkan berbasis TIK Pemanfaatan perangkat Teknologi  Informasi  dan  Komunikasi (TIK) dalam dunia pendidikan,khususnya di Indonesia seringkali  hanya digunakan untuk  membantu kegiatan administrasi di sekolah saja, tak ubahnya menggantikan  mesin ketik konvensional.  
Bahkan banyak pula sekolah-sekolah maju, yang memiliki laboratorium komputer dengan jumlah komputer yang mernadai, hanya memanfaatkan perangkat TIK yang ada untuk mengajarkan keterampilan  teknologi informasi saja seperti pelatihan Internet, perangkat perkantoran kepada para siswanya, tak  ubahnya seperti kelas kursus komputer pada umumnya.

Seharusnya perangkat Teknologi lnformasi dan Komunikasi (TIK) dapat dimanfaatkan lebih jauh untuk  meningkatkan kualitas pembelajaran di ruang kelas dengan cara  mengintegrasikannya ke dalam kurikulum yang ada. Penggunaan teknologi  berbeda  dengan  maksud dari  Integrasi Teknologi. Kegiatan mengajarkan penggunaan tekhnologi dengan kegiatan Integrasi Teknologi dalam
kegiatan  pembelajaran. Integrasi teknologi adalah penggunaan teknologi informasl dan  komunikasi.

Namun sekali lagi admin GURU SD Net sampaikan bahwa pembelajaran berbasis TIK sangat baik hanya saja korelasinya jangan lupakan pembelajaran konvensional, lakukan kombinasi karena tidak semua pembelajaran dengan cara konvensional itu buruk.

Komponen isi Ebook Pakematik ini adalah sebagai berikut:
  • Sekilas tentang PAKEMATIK  
  • Mulal Memanfaatkan  TIK dalam Pembelajaran    
  • Strategi Permalnan Interaktlf Memanfaatkan Aplikasi Presentasi
  • Strategi Pembelajaran Visual dengan Peta Konsep      
  • Strategl Penceritaan (Digital Storytelling)
    • DOWNLOAD EBOOK PAKEMATIK

    Aplikasi Jadwal Ramadhan Berbasis Sistem Pakar Otomatis Hingga Kabupaten/Kota
    Tak lama lagi bulan ramadhan akan tiba, dibulan yang penuh rahmat ini kiranya sesegera mungkin kita mempersiapkan diri untuk menyambutnya, begitupun dengan Aplikasi Jadwal Ramadhan ini sedikit istimewa karena aplikasi ini sudah berbasis sistem pakar hingga akan selalu otomatis dan terupdate pada jadwal ramadhan tahun ke tahun.

    Aplikasi Jadwal sholat dan puasa ramadhan ini dilengkapi kesempurnaan menu hingga bagi pengguna tentulah tidak rumit dalam menggunakannya, bentuk sederhana dilengkapi fitur navigasi sebagai berikut;
    1. Tahun Hijriah
    2. Nama Kabupaten/Kota (sesuaikan)
    3. Isian sudut waktu
    4. Isikan sudut ketinggian Hilal versi Pemerintah.

    Jadwal waktu sholat dan puasa ramadhan akan teratur dengan rapi dan lebih mudah kita untuk mengikuti acuannya, berisi dari hari tanggal, Imsak, subuh, terbit, dhuha, dhuhur, Ashar, Maghrib, Isya, Nisful lail dan sebagainya, lihat tampilan dibawah ini.
      DOWNLOAD APLIKASI JADWAL RAMADHAN


      Big Book Media Literasi Buat Siswa Senang Dengan Kegiatan Membaca
      Foto diambil dari jelasberita.com, Jum'at 15 April 2016
      Apa yang Bapak dan Ibu ketahui tentang Big Book?  
      Benar...buku yang memiliki ukuran, tulisan dan gambar yang besar. Big book digunakan untuk berbagai kebutuhan saat pembelajaran literasi dilakukan.

      Pembelajaran Literasi membutuhkan alat yang menarik perhatian dan yang mengoptimalkan keterampilan membaca dan menulis. Media literasi merupakan alat bantu yang digunakan untuk membantu membelajarkan literasi. Media dibutuhkan untuk meningkatkan ketertarikan siswa pada materi yang dipelajari karena siswa kelas (awal) masih berada pada tahap berpikir operasional konkret.
      Big book merupakan media yang dapat digunakan guru agar pembelajaran literasi efektif. masih ingat apa yang dicanangkan bahkan ada panduan gerakan literasi yang telah di rilis kemdikbud jika belum silahkan download panduan gerakan literasi sekolah di Sekolah Dasar

      Mari kita lanjutkan di daerah kami media literasi big book ini diperkenalkan oleh rekan narasumber Bu Syefriani Darnis, beliau mengatakan big book ini merupakan metode baru yang salah satu penggagasnya USAID namun Kemdikbud sendiri juga mendukung hal ini dan sudah di uji cobakan di Propinsi Bali.

      Apa dan bagaimana big book itu?
      Perhatikan Big Book berikut ini!
      Menurut Bapak dan Ibu apa ciri – ciri dari sebuah Big Book?
      Big Book Media Literasi Buat Siswa Senang Dengan Kegiatan Membaca
      Media Literasi Big book saat digunakan dalam KBM
      Apakah Big Book bisa dibuat sendiri ?, tentu bisa saja, walau tanpa bantuan gambar-gambar yang sudah jadi, guru bisa saja membuat gambar dengan melukisnya, lihat kegiatan kami berikut ini dalam membuat big book
      Big Book Media Literasi Buat Siswa Senang Dengan Kegiatan Membaca
      Aktifitas membuat big book dengan rekan KKG

      Ciri – Ciri Big Book
      • Ceritanya singkat (10 – 15 halaman).
      • Memiliki satu ide/topik cerita.
      • Pola kalimat jelas.
      • Gambar memiliki makna.
      • Jenis dam ukuran huruf jelas.
      • Jalan cerita mudah dipahami.
      • Berukuran sekitar 60 cm x 45 cm atau disesuaikan dengan kebutuhan kelas.
      • Dipakai untuk siswa : Pra sekolah, TK, SD dan pihak yang membutuhkan.
      • Memiliki gambar dengan ukuran besar di setiap halamannya.
      Selengkapnya silahkan saksikan video berikut untuk mengenal big book, tonton video kegiatan literasi dengan media big book klik DISINI

      Peran Guru Dalam Pendidikan di Era Modern
      Aktivitas kegiatan belajar mengajar di kelas
      Guru termasuk salah satu profesi yang berperan penting dalam membentuk sumberdaya manusia yang berkualitas. Sumberdaya manusia dikelola melalui pendidikan. Proses yang berlangsung di lembaga pendidikan tak lepas dari peran guru sebagai pengajar dan pendidik. Wajar jika dikatakan kalau guru menjadi ujung tombak dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru melaksanakan secara operasional semua tugas pembelajaran di ruang kelas. Artinya, guru berhadapan langsung dengan objek sekaligus subjek pendidikan yaitu peserta didik.

      Guru melakukan proses transformasi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik melalui pembelajaran di ruang kelas. Transformasi ketiga aspek ini berlangsung dalam interaksi bersifat manusiawi. Tidak memperlakukan siswa sebagai individu yang serba belum tahu. Disinilah pentingnya peran guru dalam pendidikan terutama di era modern yang sekarang ini.
      Secara umum, ada 3 peran guru dalam pendidikan;

      1. Mencerdaskan
      Guru berperan penting dalam mencerdaskan anak bangsa. Proses pencerdasan ini tidak semata menyangkut otak. Mentransfer berbagai ilmu pengetahuan. Lebih penting dari itu adalah pencerdasan emosional dan sosial peserta didik. Keseimbangan kecerdasan otak dengan kecerdasan psikologis akan melahirkan generasi yang pintar di otak dan cerdas di hati.

      2. Membudipekertikan
      Aspek penting lainnya dalam transformasi pendidikan adalah sikap dan tingkah laku yang baik. Dengan perilaku yang baik dan berbudaya mengantarkan peserta didik menjadi manusia berbudi pekerti luhur.

      3. Menerampilkan
      Transformasi pendidikan di lembaga sekolah oleh guru tetap mengacu pada prinsip keseimbangan antara otak, jiwa, hati dan keterampilan. Anak yang cerdas belum berarti banyak jika belum disempurnakan dengan modal keterampilan dasar.

      Kiriman artikel sahabat guru
      Nama Penulis Imam muradi putra
      Email Penulis adiapirlo21@gmail.com

      Internet Menjadi Pedang Bermata Dua Bagi Guru di Dunia Pendidikan
      Proses perkembangan pendidikan di negeri ini nampak terus berbenah, meliputi hal atau objek-objek yang cukup berbeda pada rel yang biasanya guru jalankan, perubahan rel kebiasaan dan muncul rel atau jalan bari dengan berbagai metode baru dalam kegiatan belajar mengajar membuat adanya indikasi ketidak nyamanan karena bukan hal yang biasa dilakukan selama ini, bagai istilah "dikala sudah merupakan kebiasaan akan terasa nyaman, tapi jika jalur kebiasaan berubah bukanlah hal mudah untuk merubah kebiasaan yang ada".

      Sisi yang paling kuat jika kita lihat saat ini adalah kurikulum 2013 yang sedang,akan dan tengah bakal diterapkan, Kurikulum 2013 atau kurtilas ini dikenal dengan tematik integratifnya yang mana berbagai mata pelajaran adalah sebuah kesatuan yang konkrit namun tak cukup sampai disitu jika ini menjadikan alasan, keluhan lain yang sangat terdengar dimana-mana dan dianggap membingungkan para pengajar. dalam realita banyak rekan guru di daerah yang bahkan belum paham kurikulum KTSP kembali dikagetkan dengan perubahan kurikulum yang berganti lagi. Sehingga  bisa diambil kesimpulan bahwa perubahan kurikulum sebaik apapun tanpa dibarengi dengan kesiapan kualitas sumber daya manusia berpotensi membuat kebingungan. Guru bingung bisa jadi menghasilkan murid linglung.

      Penyebaran informasi begitu cepat arusnya dari internet namun bak pedang bermata dua, guru yang bisa memanfaatkan TIK dengan mudah melakukan kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan tekhnologi informasi dan komunikasi semisal, untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar. Dengan youtube misalnya, pengajar tidak perlu lagi membuat sendiri video pembelajaran. Berbagai video tutorial pengajaran ataupun contoh nyata kejadian atau fenomena alam.Kemampuan pedagogik yang baik ditambah dengan teknologi digital sebagai media pembelajaran sangat memungkinkan guru membuat kegiatan belajar yang kreatif.

      Bombardir arus informasi begitu luar biasanya dalam 2-3 tahun terakhir ini, kemudahan dan kecepatan ini bukan saja sangat menguntungkan, Generasi muda mengakses dan mendapat pembelajaran dan informasi jauh lebih cepat dari guru menerangkan di kelas. Baik di satu sisi, tetapi bisa menjadi boomerang di sisi yang lain. Validitas informasi menjadi samar.

      Jika tidak pada kondisi dan situasi yang benar. Mengambil gadget dari tangan pembelajar jelas bukan lah tindakan yang bijak. Mereka, generasi milenia menggunakan gadget sebagai hal primer dalam kehidupan mereka. Generasi yang sebagian besar kejadian hidupnya bersinggungan dengan dunia maya. Benda pertama yang dilihat saat bangun di pagi hari, dan benda terakhir yang dilihat menjelang tidur.

      Memahami dan mencoba mengikuti perkembangan zaman yang begitu cepatnya arus informasi dan begitu mudahya mengkases sesuatu bukanlah pula sebagai pendidik kita harus diam, apalagi menyatakan ini cepatnya arus informasi ini kemudahan berbagai akses menjadi bagian dalam tanda kutip kambing hitam kegagalan pendidikan yang baik, dengan itu pula lah mari kita sebagai pendidik ikuti dan pelajari hal-hal demikian karena jika saja kita pandai memanfaatkan TIK maka konten-konten edukasi kita bisa sisipkan dengan mudah pula.

      Sebuah kurikulum yang kita harapkan dengan mempertimbangkan arus informasi yang ada dan penyebaran arus informasi tercepat adalah menggunakan media informasi digital. Kemudahan dan banyaknya informasi yang bertebaran di berbagai portal dan situs akan menjadi kurang memiliki daya guna jika penggunanya tidak tahu bagaimana menggunakannya. Dalam hal ini, guru sebagai pengajar yang akan mengisi informasi dan ilmu pengetahuan pada anak didiknya mutlak harus mampu menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi digital.

      Regards Deni Demian Renovtri 

      Surat Keputusan/SK Kegiatan Sekolah Dalam Satu Aplikasi Excel
      Berbagai macam surat keputusan tersaji dalam aplikasi master surat keputusan yang biasnya dibuat secara terpisah kali ini menyatu dalam bagian satu aplikasi excel hingga memungkinkan cara penggunan yang lebih mudah, rapi dan nyaman tentu.

      Aplikasi Administrasi sekolah ini terdiri dari berbagai komponen surat yang kami beritahukan adalah sebagai berikut:
      Surat Keputusan (SK) Kegiatan Ulangan Tengah Semester Ganjil
      Surat Keputusan (SK) Kegiatan Ulangan Tengah Semester Genap
      Surat Keputusan (SK) Kegiatan Ulangan Semester Ganjil
      Surat Keputusan (SK) Kegiatan Ulangan Semester Genap
      Surat Keputusan (SK) Kegiatan Try Out I
      Surat Keputusan (SK) Kegiatan Try Out II
      Surat Keputusan (SK) Kegiatan Try Out III
      Surat Keputusan (SK) Kegiatan Ujian Akhir Sekolah (UAS)
      Surat Keputusan (SK) Kegiatan Ujian Akhir Nasional (UAN)

      Cara penggunaan, sangat mudah hanya input data sebagai berikut:
      1. Data Sekolah
      2. Data Kepala Sekolah
      3. Data semester
      4. Data alamat sekolah
      5. Logo Kabupaten/Kota
      Dengan spreview sebagai berikut

      Aplikasi Kwitansi Excel Untuk Bendahara Sekolah Dengan Tiga Pilihan Warna
      Aplikasi kwitansi dengan fungsi terbilang ini berbasis excel, karena kemudahan dalam penggunaan aplikasi ini seakan jadi banyak referensi bendahara sekolah di Indonesia, baik jenjang SD/SDLB, SMP/MTS, SMA/MA dan SMK banyak menggunakan aplikasi gratis ini dan terpenting dengan tampilan 3 background warna yang mudah disesuaikan, tanpa pasword ini tentu sangat nyaman dalam membuka aplikasi kwitansi excel untuk sekolah.

      Secara garis besar aplikasi kwitansi bendahara ini cara menggunakannya sebagai berikut: perhatikan baik-baik video yang kami sematkan dibawah ini, silahkan klik play.

      Baca Juga Aplikasi sejenis

      Karena sangat bermanfaatnya aplikasi kwitansi excel ini yang dibuat oleh rekan guru dari Bengkulu, link pembuat sudah dicantumkan dalam aplikasi ini, kami coba membagikan agar kiranya dapat bermanfaat bagi rekan semua dalam hal laporan pertanggung jawaban baik dana BOS maupun dana-dana lainnya, jika berminat silahkan unduh pada link yang kami sematkan dibawah ini
      Pasword protect: NOPASS

      Kemdikbud dalam program guru pembelajar merupakan program peningkatan kompetensi guru melalui pemetaan dalam uji kompetensi guru UKG, terdiri dari Nara sumber, mentor dan dan guru sasaran, Mendikbud Anies R Baswedan membuka secara langsung program guru pembelajar, siapa pun menyandang gelar guru adalah seorang pembelajar bukan hanya siswa, pendidikan mengasumsikan siswa dan guru adalah pembelajar, kata Menteri Anies.
      1. Model dasar tatap muka
      2. Model dasar dalam jejaring penuh
      3  Model dasar kombinasi antara tatap muka dan jejaring penuh.
      Selengkapnya baca buku panduan guru pembelajar

      Contoh Laporan Pengembangan Diri Pada Kegiatan Kurikulum 2013
      Harus diakui konsekuensi dari jabatan guru sebagai profesi yang memiliki komponen mengajar dan mendidik, tidak saja cukup dengan guru hanya melakukan tugasnya mengajar, membimbing dan mendidik para siswanya, melainkan harus selalu mengembangkan profesinya tersebut yang kita sebut pengembangan keprofesian berkelanjutan atau PKB.

      PKB idealnya harus dilaksanakan secara terprogram dan sifat kontinyu yang memang merupakan salah satu kegiatan yang dirancang untuk  mewujudkan terbentuknya guru yang profesional.

      Salah satu jenis kegiatan PKB adalah Pengembangan Diri. Kegiatan Pengembangan Diri tersebut dapat dilakukan melalui dua jenis kegiatan, yaitu: (1) Mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) fungsional dan/atau (2) Mengikuti kegiatan kolektif guru.

      Berikut kami bagikan contoh laporan pengembangan diri pada kegiatan kurikulum 2013 yang saat ini lagi sedang,tengah dan akan dimulai, besar harapan kami agar contoh laporan PKB ini bisa bermanfaat bagi rekan guru semua khsusnya yang memerlukan referensi dalam pembuatan laporan pengembangan diri.


      MKRdezign

      Formulir Kontak

      Name

      Email *

      Message *

      Powered by Blogger.
      Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget