February 2016

Kartu petunjuk pengisian SPT Tahunan melalui e-filing bagi Aparat Sipil Negara/ASN/PNS ini sebagai acuan panduan serta pedoman cara pengisian pelaporan pajak secara online, dalam hal pendidikan guru juga salah satu bagian dari ASN yang punya kewajiban untuk melaporkan SPT Tahunan.

Melalui E-Filing ada dua yaitu Tahapan Persiapan E-filing dan Tahapan Pengisian dan Penyampaian SPT Online. Untuk Tahapan persiapan cukup dilakukan satu kali saja pada saat membuat akun e-filing. Untuk lebih jelasnya silahkan simak step by step yang harus Anda lakukan untuk Penyampaian Pajak Online E-filing.
Kartu Petunjuk Pedoman Pengisian SPT Tahunan Melalui e-Filing
Masuk kelaman DJP Online http://diponline.pajak.go.id klik pada daftar, masukkan NPWP dan e-fin, darimana mendapatkan e-FIN, bagaimana pengajuan E-Fin ?

e-FIN ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat yang merupakan nomor identitas WP bagi pengguna e-Filing. Karena hanya sekali digunakan, Anda hanya perlu sekali saja mengajukan permohonan mendapatkan e-FINtersebut.

e-FIN sendiri merupakan kode aktivasi saat Anda akan melakukan Registrasi menu e-filing. Syarat mengajukan e-fin adalah:
Fotocopy KTP;
Fotocopy NPWP;
Serta mengisi formulir.

Untuk panduan selengkapnya bisa diunduh pada kartu petunjuk pengisian SPT Tahunan melalui e-filing.
DOWNLOAD KARTU PETUNJUK PENGISIAN SPT TAHUNAN E-FILING

Aplikasi Kalkulasi waktu yang simple ini sangat bagus digunakan untuk administrasi kelas, perbedaan dan selisih waktu bisa terhitung secara akurat dengan aplikasi waktu ini, baik itu masa tahun selisih tahun atau usia dengan tahun berjalan.

Cara kalkulasi tahun otomatis panduan sebagai berikut:
1. pilih tanggal yang akan dibandingkan dengan tahun berjalan dengan cara pilih tanggal dalam kotak box yang tersedia.
2. pilih bulan yang akan dibandingkan dengan tahun dengan cara pilih bulan pada kotak
3.pilih tahun yang akan dibandingkan dengan tahun berjalan dengan cara pilih tahun pada kotak
Maka hasilnya dari tahun pembanding dengan tahun berjalan otomatis pada warna huruf merah
Aplikasi Kalkulasi Hitung Usia Dan Durasi Serta Selisih Waktu Berbasis Excel

Cara kalkulasi tahun manual
Untuk menghitung masa atau selisih tahun dan usia dengan tahun berjalan sesuai dengan ketentuan sendiri.
1. pilih tanggal yang akan ditentukan dengan cara pilih tanggal dalam kotak box yang tersedia.
2. pilih bulan yang akan ditentukan dengan cara pilih bulan pada kotak
3.pilih tahun yang akan ditentukan dengan cara pilih tahun pada kotak
Maka hasilnya dari tahun ke tahun yang ditentukan akan otomatis terhitung pada kotak dengan huruf berwarna merah.

Cara Kalkulasi Jam dan Menit
Untuk menghitung durasi waktu atau jam jadwal dan lain-lain
1. pilih jam yang akan ditentukan dengan cara pilih tanggal dalam kotak box yang tersedia.
2. pilih menit yang akan ditentukan dengan cara pilih bulan pada kotak
Kemudian waktu pembanding
1. pilih jam ke jam yang akan ditentukan dengan cara pilih tanggal dalam kotak box yang tersedia.
2. pilih menit ke menit yang akan ditentukan dengan cara pilih bulan pada kotak
Maka hasil durasi waktu akan otomatis terhitung pada kotak dengan huruf berwarna merah

Ebook Panduan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah ini merupakan panduan umum atau petunjuk pedoman berdasarkan PP Nomor 17 tahun 2010 untuk Sekolah SD/MI,SMP/MTs, SMA/MA dan SMK, buku panduan umum ini diterbitkan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud, Dalam rangka pembentukan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah tersebut, diperlukan adanya BUKU PANDUAN UMUM DEWAN PENDIDIKAN DAN KOMITE SEKOLAH yang diharapkan dapat digunakan sebagai acuan pelaksanaan bagi semua elemen masyarakat yang akan membentuk Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah atau memperluas peran, fungsi, dan keanggotaan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah yang telah ada. Pembentukan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah diharapkan dapat memacu usaha pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan, selaras dengan konsepsi partisipasi berbasis masyarakat (community-based participation) dan manajemen berbasis sekolah (school-based management) yang kini tidak hanya menjadi wacana, tetapi telah mulai dilaksanakan di Indonesia.

Buku Panduan Umum Dewan Pendidikan Dan Komite Sekolah untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK
Buku Panduan ini disusun oleh Tim Pengembangan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Baca Juga Buku Panduan Kepala Sekolah Profesional

Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah merupakan amanat rakyat yang telah tertuang dalam UU Nomor 25 Tahun 2000 tentang Program Pembangunan Nasional (Propenas) 2000 – 2004. Amanat rakyat ini selaras dengan kebijakan otonomi daerah, yang telah memposisikan kabupaten/kota sebagai pemegang kewenangan dan tanggung jawab dalam penyelenggaraan pendidikan. Pelaksanaan pendidikan di daerah tidak hanya diserahkan kepada kabupaten/kota, melainkan juga dalam beberapa hal telah diberikan kepada satuan pendidikan, baik pada jalur pendidikan sekolah maupun luar sekolah. Dengan kata lain, keberhasilan dalam penyelenggaraan pendidikan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, melainkan juga pemerintah propinsi, kabupaten/kota, dan pihak sekolah, orang tua, dan masyarakat atau stakeholder  pendidikan

Saat ujian maupun ulangan  baik itu UTS,UAS,US bahkan UN (Ujian Nasional) pada beberapa sekolah sudah cukup banyak menerapkan Ujian atau Ulangan berbasis komputer untuk korektor nilai hasil jawaban,tentu saja ini memerlukan LJK (Lembar Jawaban Komputer) format lembar jawaban siswa excel telah kami bagikan beberapa hari yang lalu, kesempatan kali ini kami berbagi Format atau contoh Lembar jawaban Komputer (LJK).

Lembar Jawaban Komputer (LJK) Versi Ujian Dan Ulangan
Aplikasi LJK ini hanya sekedar referensi, terdiri dari dua bagian, LJK Versi Ulangan dan LJK Versi Ujian yang tentunya seperti tampilan berikut:
Untuk mengunduh aplikasi LJK ini silahkan klik pada tautan yang kami sematkan dibawah ini, semoga bermanfaat bagi rekan guru sekalian sekedar contoh maupun referensi untuk sekolahnya.

Rembuk Nasional merupakan agenda tahunan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka koordinasi dan sinkronisasi program kegiatan termasuk dengan pemerintah daerah, peserta RNPK merupakan pemangku kepentingan dibidang pendidikan dan kebudayaan mulai tingkat pusat hingga daerah (Propinsi, Kabupaten/Kota) yang berjumlah hampir 1.000 orang, hasil rumusan RNPK dijadikan acuan untuk merencanakan dan melaksanakan program strategis yang menjadi prioritas nasional bidang pendidikan dan kebudayaan.
Unduh Materi Rembuknas Tahun 2016 Dari News Letter Dikbud Lengkap

Tujuan Kegiatan RNPK (Rembuk Nasional Pendidikan Dan Kebudayaan)
1. Evaluasi Ketercapaian Program Kegiatan Tahun Sebelumnya (2015)
2. Koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan program dan kegiatan tahun 2016, Renstra Kemdikbud 2015-2019 Pembagian urusan dan kewenangan pengelolaan Pendidikan dan Kebudayaan antara pusat dan Propinsi Daerah Kab/Kota(UU 23/2014)
3. Penyusunan bahan kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2017
4. Melaksanakan kerjasama Pemerintah/Pemda dan publik dalam kegiatan pendidikan dan Kebudayaan.
Unduh Materi Rembuknas Tahun 2016 Dari News Letter Dikbud Lengkap
Tema RNPK 2016 adalah sebagai berikut:
"Meningkatkan Pelibatan Publik Dalam Membangun Ekosistem Pendidikan dan Kebudayaan di Pusat dan Daerah"

Unduh News Letter RNPK 2016 materi secara lengkap dari kegiatan Rembuknas 2016
News Letter DIKBUD- Edisi 2 - 22 Februari 2016 
News Letter DIKBUD- Edisi 1- 21 Februari 2016 

Perpustakaan merupakan bagian penting guna meningkatkan minat baca, membuka wawasan siswa dan tentunya pada suatu Perpustakaan Sekolah ada Pustakawan yang tidak hanya menjaga namun melakukan administrasi data, buku, data anggota, data peminjam buku pada perpustakaan sekolah tersebut.

Aplikasi Perpustakaan Sekolah yang portable ini kiranya dapat membantu rekan Pustakawan baik itu guru dalam melakukan administrasi data pada anggota Perpustakaannya.
Aplikasi Administrasi Perpustakaan Sekolah Portable Dengan Menu Lengkap
Cara instal atau setup aplikasi perpustakaan sekolah ini sebagai berikut:
Pilih file setup pada aplikasi unduhan yang kami lampirkan dibawah ini,
mohon baca text tentang pasword untuk login agar tidak bingung nanti jika diminta pasword, juga kami masukkan dalam satu paket unduhan user dan pasword kami sediakan didalam.

Cara Penggunaan Aplikasi Perpustakaan ini adalah sebagaai berikut:
Home berisi admin dan tentang aplikasi ini, Input data berisikan isian data untuk input anggota baru dan, data buku-buku yang bisa kita isikan di dalamnya, gunakan tombol simpan untuk menyimpan nya.

Transaksi Buku berisi data peminjam buku perpustakaan dan buku pembelian juga bisa diisikan, namun yang terpenting itu semua isikan data pada input data utama.

Adakalanya seorang petugas atau Guru Piket Sekolah lupa membunyikan lonceng tanda masuk atau pun istirahat pada suatu sekolah, Aplikasi Bel Sekolah ini bisa membantu manusia atau Guru dalam hal ini untuk memperkecil kelupaan dalam menandakan suatu tanda masuk,istirahat maupun ganti jam pelajaran.

Melalui Software Bel Sekolah Otomatis dan Akurat ini, para petugas atau Guru piket tidak perlu memperhatikan jam pelajaran dan takut lupa membunyikan bel. Aplikasi bel sekolah yang digunakan pada peralatan canggih ini telah didesain dan dibuat sedemikian rupa sehingga akan berbunyi secara otomatis saat waktu yang ditentukan.
Aplikasi Atau Software Bel Sekolah Otomatis Dan Akurat Gratis Dilengkapi Dengan Banyak Suara

Hanya dengan memasukkan waktu yang diinginkan, Bell akan berbunyi secara otomatis. Saat ini, software bel yang canggih ini juga telah dilengkapi dengan dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
Tidak hanya dual bahasa, suara pada software ini juga memiliki 25 jenis suara berbeda yang dapat anda pilih sesuai dengan keinginan.

Jenis suara bel sekolah yang ada dalam paket software
1.  BELL UPACARA MULAI
2.  BELL JAM KE – 1
3.  BELL JAM KE – 2
4.  BELL JAM KE – 3
5.  BELL JAM KE – 4
6.  BELL JAM KE – 5
7.  BELL JAM KE – 6
8.  BELL JAM KE – 7
9.  BELL JAM KE – 8
10. BELL JAM KE – 9
11. BELL JAM KE – 10
12. BELL JAM KE – 11
13. BELL JAM KE – 12
14. BELL ISTIRAHAT MASUK
15. BELL ISTIRAHAT KELUAR
16. BELL JAM PULANG
17. BELL DOA MULAI PELAJARAN
18. BELL DOA SEBELUM PULANG
19. BELL MULAI UJIAN
20. BELL WAKTU UJIAN KURANG 10 MENIT
21. BELL AKHIR UJIAN
22. BELL BIMBEL MULAI
23. BELL BIMBEL SELESAI
24. BELL PANGGILAN DARI BK (Bimbingan Konseling)
25. BELL PANGGILAN KETUA KELAS

Cara Atur Atau Setting Bel Otomatis
Aplikasi Atau Software Bel Sekolah Otomatis Dan Akurat Gratis Dilengkapi Dengan Banyak Suara

Aplikasi Panduan Pembuatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Untuk Guru

Aplikasi/software panduan atau tutorial membuat blog untuk guru, menjadi blogger guru yang handal dalam menciptakan suatu media virtual pendidikan dengan media blog. Di zaman modern saat ini teknologi merupakan suatu yang amat penting dalam proses pendidikan. Guru harus mampu mempergunakan teknologi yang ada saat ini untuk menunjang terciptanya keberhasilan proses pendidikan tersebut, banyak media pembelajaran yang dapat digunakan semisal e-learning maupun berbagai media lainnya.

Salah satu alat yang paling digemari saat ini sebagai media yang memiliki jangkauan luas, bisa diakses diberbagai wilayah Dunia yang memilik akses internet tentunya adalah media blog, media blog guru tak hanya untuk wilayah setempat, jika diinginkan bisa saja diakses guru dan siswa seluruh Nusantara.

Apa itu blog?
Blog adalah ruang virtual tempat seseorang dapat menyimpan berbagai jenis konten didalamnya, adapun konten-konten tersebut misalnya, music, video, karya tulis dan lain-lain.

Bagaimana cara membuat blog ?
Pada tutorial blog kali ini, situs blogger.com yang merupakan yang kami pergunakan, hal ini bukan lah meremehkan platform lain, secara keseluruhan di Indonesia khususnya, situs blogger.com merupakan situs yang paling digemari para guru dalam membuat media blog.

Pada kesempatan ini pun kami sediakan aplikasi panduan untuk pembuatan blog Guru, aplikasi yang berbasis dari lectora ini menjadi panduan yang mudah untuk guru dalam membuat blog,
Aplikasi Panduan Pembuatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Untuk Guru

Panduan pembuatan blog ini berupa aplikasi, sehingga mudah digunakan untuk dijadikan panduan belajar membuat media blog terutama untuk Guru, pada bagian atas sudah kami tampilkan sebagian gambar, sebagai bagian untuk mewakili isi didalamnya.

Bapak/Ibu bisa mencoba aplikasi panduan pembuatan blog untuk guru pada link yang kami sematkan dibawh ini.
Pasword rar: demian

UNDUH APLIKASI PANDUAN/TUTORIAL PEMBUATAN BLOG UNTUK GURU

Peraturan Akademik dibuat pada suatu sekolah biasanya menetapkan tentang beberapa aturan demi ketertiban warga sekolah, tak hanya buat siswa juga buat warga sekolah yang lain, guru,staff tata usaha, penjaga sekolah dan lain-lain.

Format atau contoh peraturan akademik sekolah ini terdiri dari beberapa pasal ketentuan yang harus di taati warga sekolah, dari standar kelulusan, ketentuan ulangan,baik ulangan harian maupun UTS bahkan UAS menjadi bagian yang tak terpisahkan didalam SK Keputusan ini.

Contoh Dan Format Peraturan Akademik Sekolah Pendidikan Dasar
1.Peraturan akademik merupakan peraturan yang mengatur persyaratan kehadiran, ketentuan ulangan, remidial, kenaikkan kelas, kelulusan, dan hak-hak siswa.
2.Peraturan akademik merupakan peraturan yang mengatur hak siswa menggunakan fasilitas sekolah untuk kegiatan belajar.
3. Peraturan akademik merupakan peraturan yang mengatur layanan konsultasi kepada guru mata pelajaran,dan guru kelas.
4.Siswa SD adalah anggota  masyarakat  yang  sedang  mengikuti proses pendidikan di
5.Ulangan harian adalah kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar atau lebih.
6.Ulangan tengah semester adalah kegiatan yang dilakukan  pendidika untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8 – 9 kegiatan pembelajaran.
7.Ulangan   akhir  semester adalah kegiatan yang dilakukan   secara   periodik   untuk   mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester.
8.Ulangan   akhir semester adalah   kegiatan yang dilakukan secara  periodik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester.

Lembar jawaban siswa ini memilik kelebihan, bisa digunakan semua mapel,bisa digunakan untuk semua kelas pada UTS/UAS maupun Ujian lainnya, walau hanya berbentuk aplikasi excel namun sangat mudah untuk bisa digunakan pada setiap mata pelajaran pada Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah, tak hanya sampai disitu lembar jawaban pilihan ganda dan uraian ini bisa digunakan untuk semua kelas dalam UTS,UAS maupun ujian lainnya, lihat tampilan berikut:
Format Lembar Jawaban Ujian Siswa Excel Multi Mata Pelajaran
Rekan-rekan guru dalam penggunaannya, jika mapel IPA maka kasih tanda X pada mata pelajaran tersebut, jika kelas 4 maka isi tanda X atau ceklist bentuk lainnya hingga bisa digunakan semua kelas dan semua mata pelajaran, bisa diedit sesuai keiinginan, untuk hal kami rasa cukup jelas seperti layaknya lembar jawaban ujian sekolah biasa nya.

Silahkan unduh pada link dibawah ini, semoga lembar jawaban siswa excel untuk Ujian pada SD/MI ini bisa bermanfaat.

Aplikasi lengkap,cetak kartu ujian sekolah(US) Cetak Kartu Pengawas ujian sekolah, input nilai data SKHU hingga menghasilkan cetak data nilai surat keterangan hasil kelulusan ujian sementara atau SKHU,namun tak hanya sampai disitu aplikasi ini juga bisa melakukan cetak nilai ijazah sementara.

Aplikasi Komplit Cetak Kartu Peserta Ujian,Pengawas Ujian,SKHU Dan Ijazah ExcelAplikasi lengkap ini ada kemiripan dengan aplikasi kami sebelumnya yaitu aplikasi excel pembuat administrasi US/UN namun pada aplikasi tersebut tak dapat mencetak ijazah sementara atau pun membuat cetak nilai SKHU dengan aplikasi kombinasi ini semua akan berbeda.

Aplikasi Cetak Kartu Peserta Ujian, Kartu Pengawas Ujian,SKHU dan Ijazah melebur jadi satu bagian pada aplikasi ini, bisa diartikan kita tak perlu input data berulang pada aplikasi yang berbeda.

Cara penggunaan aplikasi Cetak Kartu Peserta Ujian, Kartu Pengawas Ujian,SKHU dan Ijazah ini tetap pada fokus aplikasi pendidikan lainnya, yaitu isi data sekolah, sesuaikan, isi data siswa dan guru sesuaikan, jika ingin menjadikan SKHU sementara maka isikan nilai atau input nilai pada tiap semester 4-6 plus nilai ujian sekolahnya, selesai maka secara otomatis dengan rumus yang telah ditentukan bisa melakukan cetak SKHU sementara, dan Ijazah sementara.

Inilah Tuntutan Ideal Pembelajaran Kurikulum 2013Dimensi makro perkembangan kurikulum mempunyai unit relevansi akan Kurikulum 2013 yang sedang,tengah dan sudah di implementasikan sekolah baik jenjang SD,SMP,SMA/SMK atau sekolah lain pada naungan Kemdikbud bahkan pada naungan Kemenag sekalipun.
Berbicara tentang tuntutan ideal pada kurikulum 2013 tentu saja banyak kaitan erat yang saling mendukung, kita telah mengenal Pendekatan Saintifik (epistemologik-berbasis proses keilmuan) yang dalam kegiatan pokok pembelajaran terdiri dari, Mengamati, Menanya, Mengumpulkan informasi, Mengasosiasi, Mengkomunikasikan atau istilah lainnya (5M).

Konsep tekanan pada metode saintifik dari kegiatan diatas memang lebih dominan pada Kurikulum 2013/K13 namun tidak semua ditiap pembelajaran harus muncul, karena ada hal lain lagi pada tuntutan Ideal pembelajaran Kurikulum 2013.
Inilah Tuntutan Ideal Pembelajaran Kurikulum 2013
Pembeljaran untuk mengembangkan kompetensi holistik
KI 1: Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2:Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
KI 3.Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Selengkapnya unduh Materi K13 Revisi download pada link dibawah ini.

Aplikasi Kartu Pelajar yang diperuntukkan untuk Siswa pada semua jenjang Sekolah yang kami bagikan kali ini memiliki menu kartu pelajar yang istimewa, dilengkapi dengan menu upload foto, stempel plus barcode, terasa berbeda karena begitu mudah untuk digunakan karena pada fungsinya aplikasi kartu pelajar ini lebih dominan pengisian master data siswa.
Aplikasi Kartu Pelajar Siswa Excel Dilengkapi Fiture Stempel Dan Barcode
Cara Penggunaan Aplikasi Kartu Pelajar ini. isi pada data master data siswa, profile sekolah yang disesuaikan. stempel juga disesuaikan pada stempel sekolah masing-masing, selesai tinggal cetak kartu pelajar satu persatu.

Sangat nayaman dalam penggunaan ini dari beberapa sekolah sudah mengakuinya.
DOWNLOAD APLIKASI KARTU PELAJAR

Buku Pedoman SKP Guru ini memuat petunjuk penilaian prestasi kerja guru dan kepala sekolah serta guru dengan tugas tambahan, yang secara garis besar memiliki keterkaitan dengan SKP yang angka kreditnya pada ketentuan Permenegpan no 16 tahun 2009 tentang AK bagi guru dan dengan tugas tambahannya, secara lengkap dan rinci dalam penyusunan pembuatan SKP Guru.

Penilaian prestasi kerja diawali dengan penyusunan Sasaran Kerja Pegawai yang
dilaksanakan pada awal tahun. Selanjutnya hasil penyusunan SKP dikonsultasikan dengan atasan langsung (pejabat penilai) untuk memperoleh persetujuan. Untuk kepala  sekolah/madrasah, penyusunan SKP harus mempertimbangkan Rencana Kerja Tahunan  (RKT) Sekolah yang merupakan tindak lanjut dari visi dan misi sekolah, hasil Evaluasi Diri Sekolah (EDS), tugas pokok yang bersangkutan sebagai guru dan tugas tambahannya sebagai kepala sekolah/madrasah, serta program tahunan.
Pedoman Petunjuk Penyusunan SKP Guru Dan Prestasi Kinerja, Kepala Sekolah Dan Guru Dengan Tugas Tambahan

Jika disetujui, maka SKP langsung ditetapkan oleh pejabat penilai sebagai kontrak kerja untuk 1 (satu) tahun berjalan. Jika tidak disetujui oleh pejabat penilai, maka SKP ditetapkan/diputuskan oleh atasan pejabat penilai dan putusan atasan pejabat penilai bersifat final. SKP yang sudah ditetapkan memuat target kegiatan tugas jabatan (unsur utama dan unsur penunjang), dengan mencantumkan nilai angka kredit pada tiap uraian kegiatan, serta target pada tiap uraian kegiatan dari aspek kualitas, kuantitas, waktu, dan biaya (bagi kepala sekolah).

Pelaksanaan penilaian prestasi kerja meliputi:
a) Penilaian SKP yang mencakup penilaian realisasi uraian kegiatan tugas jabatan (unsur utama dan unsur penunjang) yang diukur dengan ketercapaian kegiatan dalam 4 (empat) aspek penilaian yaitu kuantitas, kualitas, waktu dan/atau biaya; dan

b) Penilaian perilaku kerja meliputi aspek penilaian orientasi pelayanan, integritas, komitmen, disiplin dan kerjasama berdasarkan rekaman perilaku kerja dalam buku catatan, sebagaimana tertuang dalam tabel 4.2 Kriteria Penilaian Unsur Perilaku Kerja.

Perhitungan nilai Penilaian Prestasi Kerja diperoleh dari penjumlahan nilai unsur SKP
sebesar 60% dan perilaku kerja sebesar 40%.

Kartu Identitas Anak merupakan kebijakan pemerintah terbaru dari Permendagri No 2 Tahun 2016, Kartu Identitas Anak (KIA) ini dalam pertimbangan ketentuan bahwa anak belum berusia 17 tahun dan belum menikah tidak memiliki identitas penduduk yang berlaku secara nasional dan terintegrasi dengan sistem administrasi kependudukan.  Pemerintah menerbitkan KIA bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.
(Contoh Kartu Identitas Anak)
Kartu Identitas Anak(KIA) Berlaku Dari Usia 0-17 Tahun
Contoh Format Kartu Identitas Anak
Peraturan Menteri Dalam Negeri No 2 Tahun 2016 secara garis besar pentingnya identitas Anak Usia dibawah 17 tahun yang belum menikah dengan persyaratan mendapatkan KIA sebagai berikut:

Syarat dan Cara mendapatkan Kartu Identitas Anak/KIA
Anak WNI
Dinas menerbitkan KIA  baru bagi    anak    kurang   dari    5 tahun bersamaan      dengan penerbitan kutipan  akta kelahiran.

Dalam  hal anak kurang  dari  5 tahun sudah memiliki akta kelahiran tetapi belum memiliki KIA, penerbitan KIA dilakukan setelah  memenuhi  persyaratan:
a.  fotocopy kutipan akta   kelahiran dan menunjukan kutipan akta kelahiran aslinya;
b.  KK asli orang tua/Wali.dan
c.   KTP-el asli  kedua   orang   tuanya/wali.

(3)  Dinas menerbitkan  KIA untuk anak usia 5 tahun sampai dengan usia 17 tahun kurang  satu hari,  dengan persyaratan:
a.    fotocopy kutipan akta   kelahiran dan menunjukan kutipan  akta   kelahiran  aslinya;
b.    KK asli orang tua/Wali;
c.    KTP-el asli  kedua orang   tuanya/wali; dan
d.    pas foto Anak  berwarna  ukuran 2 x 3 sebanyak  2 (dua)

Selengkapnya
Download Permendagri no 2 tahun 2016

Piagam Penghargaan kita berikan kepada siswa kita yang berprestasi, aplikasi cetak piagam atau pembuatan Piagam Penghargaan ini sebenarnya bisa digunakan pada semua jenjangan Sekolah tak hanya SD/MI namun SMP/MTS, SMA maupun SMK bisa menggunakannya, hanya tinggal rubah data sekolah dan kelas serta data siswa yang disesuaikan

Aplikasi Cetak Piagam Juara Kelas Excel Dengan Lima TemplateAplikasi Cetak Piagam Penghargaan ini memilik keunggulan yang tak hanya bisa dibilang mudah digunakan namun memiliki pilihan template tampilan yang lebih banyak, disini tersedia 5 pilihan template yang berbeda.

Cara penggunaan aplikasi piagam penghargaan ini, sama seperti layaknya berbagai aplikasi pendididikan yang lain, bahwasanya pada menu input data sekolah, siswa maupun guru mesti disesuaikan lebih awal karena dengan itu secara otomatis akan tampak hasil piagam yang diinginkan.

Data Kop Sekolah, berisi alamat dana nama sekolah
Data Guru, Data, Kepala Sekolah bisa disesuaikan pada sekolah masing-masing, dan yang terpenting data siswa untuk bagian kiri, isikan nama siswa dan kelas serta nilai yang diperoleh, maka lihat menu piagam yang bisa dipilih siswanya sebagai berikut:
Aplikasi Cetak Piagam Juara Kelas Excel Dengan Lima Template
Bagaimana ? menarik, jika mau mencoba silahkan unduh pada link dibawah ini, jika terjadi link rusak silahkan laporkan.

Pasword sheet demian

Aplikasi Penilaian KTSP Plus Raport kali ini sedikit memilik keiistimewaan dalam proses olah nilai terutama untuk input data siswa selama ini harus manual, tapi dengan aplikasi pengolah nilai dan rekap KTSP ini sedikit teratasi yang mana data siswa dari Dapodikdas kita bisa masukkan ke sini dengan cara copy paste hasil unduh data PD excel dapodik sekolah kita.

Aplikasi Penilaian Dan Raport KTSP ini bisa digunakan untuk kelas 1-6 SD atau Sekolah Dasar
Aplikasi Penilaian KTSP Dan Raport Berbasis Dapodikdas
Cara penggunaan aplikasi
Aplikasi ini dapat digunakan untuk kelas 1 sampai kelas 6 dengan kurikulum KTSP.
Untuk mengisi Data Awal (Data Siswa) untuk mengurangi kesalahan ketik sebaiknya mengambil data dari file excel.
progress pengiriman dapodik dengan cara copy paste sesuai format yang telah tersedia, Pengisian Absensi Harian Siswa cukup dengan menuliskan huruf I, S atau A sesuai alasan tidak masuk siswa.

Untuk menentukan rangking pada sheet Rekap Raport, Rekap UTS, Rekap UAS sesuaikan dengan jumlah siswa dengan mengubah rumusnya.
Grade LULUS pada LEGER RAPORT juga dapat disesuaikan dengan grade lulus yang ditetapkan oleh sekolah. untuk kelas 1 sd 5 kata LULUS diganti NAIK KE KELAS X dan TINGGAL DI KELAS X

Untuk mengisi NILAI, isikan pada bidang berwarna putih saja.
Untuk print Raport, pilih siswa sesuai nomor absen dengan klik tanda panah pada scroll yang tersedia
Hati-hati jika ingin mengubah rumus yang sudah ada, karena semua sheet saling berkaitan

Aplikasi SKHUS/SHU Sekolah Dasar tahun 2016 atau pada tahun pelajaran 2015/2016, kami lengkapi dengan surat keterangan kelulusan, SKHU 3 mata pelajaran dan SKHU semua mata pelajaran, terjalin jadi satu rangkaian guna mengolah hasil nilai Ujian Sekolah/US siswa yang berkaitan dengan nilai raport persemester dalam hitungan 70 dan 30.

Aplikasi SKHU 2016 SD Dilengkapi Dengan Surat Keterangan Kelulusan

Karena aplikasi SKHUS ini bersifat flexible, kami sertakan pasword untuk Bapak/Ibu Guru jika ingin mengeditnya disesuaikan pada bagian yang kurang tepat untuk sekolahnya. Password aplikasi ini kami semayamkan pada unduhan dan panduan aplikasi SKHU 2016 ini. tampilan isian data
Aplikasi SKHU 2016 SD Dilengkapi Dengan Surat Keterangan Kelulusan

Seperti layaknya aplikasi pendidikan lainnya dalam cara input awal mula tentu isikan data Sekolah dan Siswa yang ideal dengan Sekolah masing-masing, semoga bermanfaat

DOWNLOAD APLIKASI SKHU 2016
Password buka ekstrak rar : www.gurusd.net


Sejak tahun 2013/2014, Indonesia mulai menerapkan Kurikulum 2013 disekolah di Indonesia untuk kelas 1, 4, 7 dan 10. Implementasi Kurikulum 2013 ini akan dilakukan secara bertahap sampai diterapkan seluruh kelas di Indonesia pada tahun 2020.

Penerapan dilakukan bertahap sejalan dengan proses persiapan sekolah dan guru di seluruh Indonesia untuk dapat menerapkan Kurikulum 2013 secara optimal.

Kurikulum 2013 adalah pengembangan dari Kurikulum tahun 2006 yang disusun mengacu pada Tujuan Pendidikan Nasional dan berdasarkan evaluasi kurikulum sebelumnya dalam menjawab tantangan yang dihadapi bangsa di masa depan. Pengembangan Kurikulum 2013 khususnya terletak pada:
1. Keseimbangan Pengetahuan – Sikap – Keterampilan
2. Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran
3. Model Pembelajaran (Penemuan, Berbasis Proyek dan Berbasis Masalah)
4. Penilaian Otentik.
 Publik akan dilibatkan dalam proses perbaikan ini dengan keyakinan bahwa kolaborasi masyarakat dan pemerintah yang baik akan menghasilkan kurikulum yang tepat menjawab kebutuhan anak-anak di seluruh Indonesia untuk siap menyongsong dunia.

Aplikasi Laporan Bulanan Excel untuk sekolah ini dibuat oleh rekan blog ternama yang kami cantumkan dalam aplikasi ini pembuatnya, Lapor Bulanan untuk sekolah tentu wajib dilakukan pada tiap bulannya, aplikasi lapor bulan berbasis excel ini bisa membantu rekan guru semua, dengan pemilihan tahun secara combo hingga Tahun 2020 menjadikan aplikasi ini lama bisa digunakan sebagai berikut tampilan nya.
Aplikasi Laporan Bulanan Sekolah Excel Terbaru
Petunjuk penggunaan aplikasi Laporan Bulanan ini adalah sebagai berikut ini.
1.Isilah data Sekolah Lengkap pada menu Home
2.Isilah Siswa Tinggal Kelas lebih dulu pada bulan Juni
3.Kemudian Isilah siswa akhir byl (bulan yang lalu)
Aplikasi Laporan Bulanan Sekolah Excel Terbaru
4.Kolom keterangan Agama Siswa disesuaikan.
5.Lembaran PTK Hal-2 dibuat dalam 50 baris
6.Dicetak dengan kerta ukuran F4
Aplikasi Laporan Bulanan Sekolah Excel Terbaru
Catatan
Pengisian data mulai bulan Juni tahun pelajaran, pengisian berikutnya akan otomatis terisi, kolom siswa yang bisa diisi pada bulan berikutnya hanya kolom masuk bulan ini dan keluar bulan ini, absen dan agama.

Download Aplikasi Laporan Bulanan Excel

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget