January 2016

Saat Uji coba atau Try Out Ujian Sekolah/US tentunya sekolah mendapatkan hasil Nilai Siswa, Nilai-Nilai tersebut tentu tak bisa dibiarkan begitu saja, sebelum Ujian Sekolah masa try out ini menjadi penting dan sudah lumrah hasil nilai dalam try out siswa kita tak semuanya ideal dari harapan seorang Guru, tentunya hasil tersebut perlu kita analisa apa penyebab nya hingga nilai yang didapat siswa dalam try out begitu jauh dari harapan ideal pada standar yang seharusnya.

Aplikasi Analisis Try Out Ujian Sekolah ini bisa Bapak/Ibu gunakan agar dapat memperoleh informasi latar belakang nilai yang didapat siswa serta faktor penyebab mengapa nilai siswa-siswa kita bisa kurang, pada bagian butir soal nomor berapa yang secara klasikal pada nomor tersebut persentasi yang menjadikan acuan, mudah atau sulitnya soal bagi siswa kita akan diketahui pada aplikasi berikut.
Aplikasi Analisis Try Out Ujian Sekolah SD/MI Berbasis Excel
Cara Penggunaan Aplikasi Try Out Ujian Sekolah....
Seperti layaknya Ujian Sekolah, try out pun memiliki mata pelajaran yang sama, Bahasa Indonesia,Matematika, IPA, dari hasil nilai yang didapat pada point nomor-nomor tersedia bisa kita analisa, namun sebelum itu gunakan menu Input Data yang bisa disesuaikan dengan Sekolah Bapak/ibu.
Aplikasi Analisis Try Out Ujian Sekolah SD/MI Berbasis Excel
Layaknya aplikasi lainya, aplikasi ini juga melakukan penghitungan secara otomatis sebagai analisa data kerumitan soal pada tiap nomornya, kelebihan lainnya data perindividu, rekapitulasi dan grafik akan tersaji secara otomatis dari aplikasi try out ujian sekolah yang berbassis excel ini.

DOWNLOAD APLIKASI ANALISIS TRY OUT UJIAN SEKOLAH SD/MI

Instrumen Supervisi Kelas Kurikulum 2013 untuk Guru Sekolah Dasar (SD) ini sangat penting untuk diketahui lebih awal, meski kami bagikan untuk Guru dan Pengawas Sekolah, namun pada intinya persiapan sedari awal untuk supervisi ini tentunya jauh lebih baik.

Pengawas sekolah, kepala sekolah, dan guru merupakan tiga pilar penting dalam mewujudkan implementasi Kurikulum 2013. Efektivitasnya sangat bergantung pada kesesuaian kompetensi ketiganya dengan kebutuhan mewujudkan target yang diharapkan pada tingkat satuan pendidikan. Peningkatan kompetensi melalui penyelenggaraan pelatihan merupakan kegiatan strategis yang perlu disertai dengan langkah penjaminan bahwa ketiga pilar mutu pelaksanaan kurikulum yang terukur dan sistematis.
Instrumen Supervisi Kurikulum 2013 Untuk Sekolah Dasar
Baca Juga RPP Kurikulum 2013 untuk SD Semua Kelas

Implementasi kurikulum 2013 berimplikasi terhadap kebutuhan peningkatan sikap, pengetahuan, dan keterampilan tiga pilar penjamin mutu.

Manajemen Implementasi Kurikulum 2013, Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik Implementasi Kurikulum 2013, dan Kepramukaan. Sedangkan Materi Pokok Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 bagi Pengawas Sekolah terdiri atas Supervisi Manajerial Implementasi Kurikulum 2013, Manajemen Implementasi Kurikulum 2013, Supervisi Akademik Implementasi Kurikulum

Aplikasi Rekap Nilai Kurikulum 2013 untuk SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK ini dibuat khusus untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum 2013, Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 ini bisa digunakan untuk ulangan Harian (UH) ulangan tengah semester(UTS) maupun UAS,UKK karena terintegrasi dalam satu aplikasi rekap nilai Kurikulum 2013.
Aplikasi Rekap Nilai Kurikulum 2013 SD/SMP/SMA Dan SMK Tampilan Baru
Baca juga Aplikasi Penilaian dan Raport Kurikulum 2013

Aplikasi ini sangat cocok bagi Sekolah pelaksana Kurikulum 2013, karena aplikasi ini dibuat mencakup beberapa penilaian seperti aspek kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan)

Cara penggunaan aplikasi rekap nilai k13/kurtilas ini sebagai berikut:
1. Masuk pada menu utama (jangan lupa enable kan dulu macro nya) pilih data siswa sesuaikan input data siswa kita.
2. Langkah kedua input absensi atau presensi, kehadiran siswa kita
3. Langkah selanjutnya input nilai sikap, tiap bulan atau bisa disesuaikan.
Agar lebih nyaman lihat video tutorial berikut ini:

Kami kira dari video tersebut cukup mudah penggunaan Aplikasi Rekap Nilai Kurikulum 2013, karena bukan itu saja, pada aplikasi itu pula kami sertakan menu panduan penggunaan aplikasi penilaian ini. Silahkan unduh pada link dibawah ini untuk mendpatkan aplikasi nya.

Menu Tambah Guru/ PTK secara Online atau Mutasi Data PTK secara online agar data guru mutasi tersebut bisa masuk pada Dapodikdas sekolah kita tanpa harus input manual atau input ulang lagi seperti berikut Panduan Mutasi Guru secara Online, jika kita ketahui ada fiture mutasi peserta didik secara online begitu sebaliknya, kali ini kita akan bahas bagaimana memutasi/pindah PTK secara Online agar masuk ke aplikasi Dapodik sekolah kita, berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi.

1. PTK atau Guru yang ingin kita proses mutasi ke Sekolah kita harus sudah di mutasikan/dikeluarkan pada sekolah asalnya prosesnya telah melakukan sinkronisasi Dapodikdas.
2. Jika PTK/Guru tersebut belum dikeluarkan dari mekanisme point 1 maka kita tak bisa melakukan tarik data PTK tersebut untuk masuk pada aplikasi Dapodik Sekolah kita.
Cara Mutasi Atau Tarik Data PTK Online Dapodikdas

Jika yakin sudah maka yang pertama kita lakukan masuk pada laman klik disini Login Dapodikdas gunakan user dan pasword dapodikdas sekolah Bapak/Ibu, setelah berhasil login liha tampilan berikut pilih Tarik data PTK
Isikan data Provinsi asal Guru/PTK tersebut seterusnya Kabupaten, Kecamatan hingga nama sekolahnya, agar lebih lengkap lihat video panduan berikut ini:

Setelah selesai melakukan konfirmasi proses mutasi dengan demikian proses nya telah selesai, maka hal yang harus kita lakukan adalah melakukan proses sinkronisasi pada aplikasi Dapodikdas kita, agar bisa turun dan kita bisa melakukan pengeditan atau penambahan data PTK tersebut, jika sudah selesai maka lakukan sinkronisasi kembali.

Permendikbud tentang Dapodik (Data Pokok Pendidikan) No 79 tahun 2015, Data Pokok Pendidikan, yang selanjutnya disingkat Dapodik adalah suatu sistem pendataan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memuat data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan substansi pendidikan yang datanya bersumber dari satuan pendidikan yang terus menerus diperbaharui secara online.

Mewujudkan basis data tunggal  sehingga dapat tercipta tata  kelola data pendidikan yang terpadu dan menghasilkan data yang representatif untuk  memenuhi kebutuhan Kementerian dan pemangku kepentingan lainnya.

Mendukung peningkatan   efisiensi, efektif dan sinergi kegiatan pengumpulan data pokok yang terintegrasi dalam  satu sistem pendataan untuk digunakan oleh Kementerian  dan seluruh pemangku kepentingan.
Permendikbud No 79 Tahun 2015 Tentang Data Pokok Pendidikan

Hasil pengumpulan data melalui Dapodik menjadi dasar diterbitkannya data statistik pendidikan yang memberikan akses informasi kepada para pemangku kepentingan.

Hasil pengumpulan data melalui Dapodik merupakan satu-satunya acuan dalam pelaksanaan kegiatan, kajian, dan pengambilan keputusan terkait entitas pendidikan yang didata.
Unit kerja Eselon I dalam pengambilan Dapodik harus melalui sekretariat unit kerja Eselon I masing-masing.
PDSPK mendistribusikan hasil pengolahan Dapodik kepada seluruh unit utama di lingkungan Kementerian.
PDSPK mendistribusikan data Dapodik kepada dinas pendidikan provinsi secara periodik.
Publikasi Dapodik melalui online harus menggunakan domain resmi Kementerian.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah ini merupakan penyempurnaan link sebelumnya yang kami bagikan untuk RPP K13 Kelas 1,2,4 dan 5 pada posting kali ini RPP Kurtilasnya kami tambahkan secara lengkap untuk SD/MI khususnya Kelas 1,2,3,4,5 dan 6, sebagai referensi dalam membuatnya atau juga bisa dipergunakan secara langsung namun harap disesuaikan lebih dahulu.

Download RPP SD Kurikulum 2013 SD/MI Lengkap Semua Kelas
  • Download [1] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 1 - Diriku
  • Download [2] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 1 - Kegemaranku
  • Download [3] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 1 - Kegiatanku
  • Download [4] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 1 - Keluargaku
  • Download [5] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 2 - Pengalamanku
  • Download [6] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 2 - Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
  • Download [7] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 2 - Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku
  • Download [8] RPP SD KELAS 1 SEMESTER 2 - Peristiwa Alam

2. RPP Kurikulum 2013  Kelas 2 SD / MI
  • Download [1] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 1 - Hidup Rukun
  • Download [2] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 1 - Bermain di Lingkunganku
  • Download [3] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 1 - Tugas Sehari-Hari
  • Download [4] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 1 - Aku dan Sekolahku
  • Download [5] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 2 - Hidup Sehat dan Bersih
  • Download [6] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 2 - Air Bumi dan Matahari
  • Download [7] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 2 - Merawat Hewan dan Tumbuhan
  • Download [8] RPP SD KELAS 2 SEMESTER 2 - Keselamatan di Rumah dan Perjalanan

3. RPP Kurikulum 2013  Kelas 3 SD / MI

  • Download [1] RPP SD KELAS 3 SEMESTER 1 - Sayangi Hewan dan Tumbuhan 
  • Download [2] RPP SD KELAS 3 SEMESTER 1 - Pengalaman yang Mengesankan
  • Download [3] RPP SD KELAS 3 SEMESTER 1 - Mengenal Cuaca dan Musim
  • Download [4] RPP SD KELAS 3 SEMESTER 1 - Ringan Sama Dijinjing Berat 
  • Download [5] RPP SD KELAS 3 SEMESTER 2 - Mari Bermain dan Berolahraga
  • Download [6] RPP SD KELAS 3 SEMESTER 2 - Indahnya Persahabatan
  • Download [7] RPP SD KELAS 3 SEMESTER 2 - Mari Kita Berhemat untuk Mas
  • Download [8] RPP SD KELAS 3 SEMESTER 2 - Berperilaku Baik dalam Kehidupan
  • Download [9] RPP SD KELAS 3 SEMESTER 2 - Menjaga Kelestarian Lingkung
4. RPP Kurikulum 2013  Kelas 4 SD / MI
  • Download [1] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Indahnya Kebersamaan
  • Download [2] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Selalu Berhemat Energi
  • Download [3] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Peduli Terhadap Makhluk Hidup
  • Download [4] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 1 - Berbagai Pekerjaan
  • Download [5] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Pahlawanku
  • Download [6] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Indahnya Negeriku
  • Download [7] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Cita-Citaku
  • Download [8] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Tempat Tinggalku
  • Download [9] RPP SD KELAS 4 SEMESTER 2 - Makanan Sehat dan Bergizi
5. RPP Kurikulum 2013  Kelas 5 SD / MI
  • Download [1] RPP SD KELAS 5 SEMESTER 1 - Benda-Benda di Lingkungan Sekitar
  • Download [2] RPP SD KELAS 5 SEMESTER 1 - Peristiwa Dalam Kehidupan
  • Download [3] RPP SD KELAS 5 SEMESTER 1 - Kerukunan Dalam Bermasyarakat
  • Download [4] RPP SD KELAS 5 SEMESTER 1 - Sehat Itu Penting
  • Download [5] RPP SD KELAS 5 SEMESTER 1 - Bangga Sebagai Bangsa Indonesia
  • Download [6] RPP SD KELAS 5 SEMESTER 2 - Organ Tubuh Manusia dan Hewan
  • Download [7] RPP SD KELAS 5 SEMESTER 2 - Sejarah Peradaban Indonesia
  • Download [8] RPP SD KELAS 5 SEMESTER 2 - Ekosistem
  • Download [9] RPP SD KELAS 5 SEMESTER 2 - Lingkungan Sahabat Kita
6. RPP Kurikulum 2013  Kelas 6 SD / MI
  • Download [1] RPP SD KELAS 6 SEMESTER 1 - Bhinneka Tunggal Ika
  • Download [2] RPP SD KELAS 6 SEMESTER 1 - Selamatkan Makhluk Hidup
  • Download [3] RPP SD KELAS 6 SEMESTER 1 - Tokoh dan Penemu
  • Download [4] RPP SD KELAS 6 SEMESTER 2 - Globalisasi
  • Download [5] RPP SD KELAS 6 SEMESTER 2 - Wirausaha
  • Download [6] RPP SD KELAS 6 SEMESTER 2 - Kesehatan Masyarakat

RPP SD/Kurikulum 2013, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada Kurikulum 2013 juga mengalami sedikit revisi dari aturan yang dua kali mengalami perubahan, Perarturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 103 tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran. Merupakan pedoman pelaksanaan pembelajaran untuk jenjang SD, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK. Salah satu isi permendikbud nomor 103/2014 adalah format RPP Kurikulum 2013 sebagai berikut:
RPP Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1,2,4 dan 5 Versi Terbaru

IDENTITAS
A. Kompetensi Inti
B. Kompetensi Dasar
1. KD pada KI-1
2. KD Pada KI-2
3. KD Pada KI-3
4. KD Pada KI-3

Baca Juga Aplikasi KKM Kurikulum 2013

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Indikator KD pada KI-1
2. Indikator KD Pada KI-2
3. Indikator KD Pada KI-3
4. Indikator KD Pada KI-3
D. Materi Pembelajaran
E. Kegiatan Pembelajaran
F. Penilaian, Remidial dan Pengayaan
G. Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar

RPP KURIKULUM 2013 PERBEDAAN FORMAT 81A 2013 dan 103 2014

Perbedaan format RPP pada permendikbud 81A/2013 dan permendikbud 103/2014 adalah:
1. Di permendikbud 81A/2013 terdapat tujuan pembelajaran dan Metode Pembelajaran sedangkan di permendikbud 103/2014 tidak ada.
2. Di permendikbud 81A/2013 hanya ada Penilaian sedangkan di permendikbud 103/2014 dilengkapi Penilaian, Remidial dan Pengayaan
3. Di permendikbud 81A/2013 indikator hanya untuk KD pada KI-3 dan KD pada KI-4 sedangkan di permendikbud 103/2014 indikator untuk KD pada KI-1 sampai KD pada KI-4.
Di format RPP pada permendikbud 103/2014 juga ditegaskan bahwa kegiatan saintifik (5M) tidak harus muncul dalam satu pertemuan.

Silahkan Download Contoh RPP Kurikulum 2013SD/MI dengan Format Ketententuan Permendikbud 103 Tahun 2014 pada link dibawah ini untuk SD/MI

Administrasi Ujian Sekolah/US dan Ujian Nasional merupakan hal wajib bagi sekolah penyelenggaran UN/US. hal ini sangat dibutuhkan karena peranan administrasi data ini juga tak lepas dalam penyelenggaraan suatu kegiatan, begitu pula Ujian di Sekolah baik Jenjang SD/MI/SMP/MTs, SMA/MA/SMK akan melakukan pola administrasi yang sama dalam US atau UN yang akan diselenggarakan.

Aplikasi Administrasi Ujian ini memiliki isi data sebagai berikut:
Aplikasi Excel Pembuat Administrasi Ujian Nasional Dan Ujian Sekolah
Panduan Penggunaan Aplikasi Excel Pembuat Administrasi Ujian Nasional Dan Ujian Sekolah

Menu Utama tepat dihadapan: isi kan nama sekolah, alamat, tanggal legalitas, tanggal UN/US
Nominasi: Data isian untuk Siswa, silahkan sesuaikan
Data Awal: Memuat data Jadwal dan Ruang silahkan sesuaikan
Nomor Tempel Meja: cukup jelas
Denah Tempat Duduk: cukup jelas
Daftar Peserta Per Ruang : cukup jelas
Daftar Hadir Siswa : Presensi Kehadiran
Tata Tertib: cukup jelas
Pakta Integritas : cukup jelas
Jadwal Pengawas : cukup jelas
Label Ruang : cukup jelas
Label dilarang masuk : cukup jelas
Sampul Naskah Ujian : cukup jelas
Daftar Hadir Pengawas : cukup jelas
Rekap Kehadiran Pengawas : cukup jelas
Serah terima soal LJK : cukup jelas

Sangat mudah dalam menggunakan Aplikasi Administrasi Ujian ini. dari menu yang sudah menunjukkan kemudahan dalam penyesuain data Sekolah Bapak/ibu. Silahkan unduh pada link dibawah ini untuk mencoba selengkapnya....


Aplikasi Kabinet Jokowi-JK ini merupakan Media Pembelajaran yang didalamnya termuat data dan Profil Menteri-Menteri Kabinet Kerja Pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, pada ranah pendidikan Media Pembelajaran dalam penggunaan Aplikasi Kabinet Jokowi-JK ini sangat banyak di gunakan rekan-rekan Guru.

Pemerintahan Jokowi-JK periode 2014-2019 akan tersaji dalam aplikasi Kabinet Kerja Indonesia Hebat, yang mana guru dan siswa akan lebih mudah mengetahui Profil Menteri secara satu persatu pada Kabinet Kerja Jokowi-JK yang saat ini.

Pernah ada perombakkan kabinet pada saat lalu 6 Menteri digantikan namun sepenuhnya 34 Menteri tetap ada pada susunan Kabinet Kerja. Aplikasi Kabinet Kerja Jokowi ini berbentuk excel, jadi cara penggunaan aplikasi sebagai media pembelajaran di Sekolah tinggal pilih pada menu atas untuk Menteri bidang apa. maka akan tersajikan profil dan data Menteri tersebut.
Aplikasi Kabinet Jokowi Untuk Media Pembelajaran
Plih atau ketik isikan nama Kementerian yang ingin diketahui, profil data dan siapa menteri nya akan ditemukan profil data Menteri selengkapnya seperti tampilan diatas
Silahkan unduh pada link yang kami lampirkan dibawah ini untuk mempelajari dan menggunakan selengkapnya.

Ijazah atau STTB bisa saja mengalami kerusakan atau pun kehilangan bahkan kesalahan penulisan Nama, tempat tanggal lahir dan sebagainya, walau urusan mengarsipkannya baik setelah kita lulus pada suatu sekolah atau perkuliahan namun hal yang tak kita kehendaki misal bencana terjadi dirumah kita, hingga mengakibatkan Ijazah kita Rusak atau hilang, tentu saja kita juga mesti lapor kepihak kepolisian maupun Desa akan masalah yang terjadi di rumah kita agar melakukan klaim penggantian Ijazah ini bisa lebih mudah dan dipercaya dari berbagai aparat pemerintah ini mengakui pernyataan itu benar ada nya.

Contoh Format Administrasi Surat Dalam Ijazah/STTB
Di pihak lain Sekolah maupun Dinas Pendidikan atas pernyataan tersebut dan dari saksi-saksi yang menyatakan kebenaran bahwa Ijazah tersebut Rusak, Hilang, salah penulisan nama maupun tempat tanggal lahir dan sebagainya perlu format penggantian Ijazah tersebut semisal Surat Keterangan yang kami lampirkan contohnya, hal ini seperti yang tertuang dalam Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 29 tahun 2014 tentang Pengesahan fotokopi ijazah/surat tanda tamat belajar, Surat keterangan pengganti ijazah/surat tanda tamat belajar dan penerbitan surat keterangan pengganti ijazah /surat tanda tamat belajar jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Administrasi Surat Dalam Ijazah, Dalam Format Contoh ini terdapat beberapa format yang harus dibuat oleh sekolah yaitu :
  • Surat Keterangan Pengganti Ijazah
  • Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak yang harus dibuat oleh pemohon
  • Surat pernyataan Saksi
  • Surat Keterangan Ijazah Rusak
  • Surat Keterangan Kesalahan Penulisan

Pada administrasi perkantoran begitu penting tata arsip surat masuk dan surat keluar dalam manajemen nya, tak terkecuali di Sekolah bagi rekan Tata Usaha (TU) maupun guru sangat penting dalam proses administrasi Surat Masuk dan Surat Keluar ini, karena peranan yang begitu vital ini dan punya efek manfaat yang baik maka kami mencoba membagikan Aplikasi Administrasi Surat Masuk dan Surat Keluar.

Aplikasi Administrasi Surat Masuk dan Surat Keluar. bisa digunakan dalam versi windows mana pun, dengan bentuk yang portable hingga membuatnya mudah dijalankan seperti layaknya aplikasi-aplikasi sejenis semisal microsoft excel. lihat gambar berikut ini untuk tampilannya.
Aplikasi Surat Masuk Dan Surat Keluar Administrasi Data Sekolah
Aplikasi ini hanya dapat digunakan dalam mode mandiri/stand-alone dan tidak
mendukung penggunaan dalam suatu jaringan lokal. Sebelum menggunakan aplikasi ini untuk kebutuhan sehari-hari, pastikan Anda  telah mengatur konfigurasi sesuai organisasi Anda, mengatur format penulisan  nomor surat, serta mendefinisikan kode pengelompokan surat.
Aplikasi Surat Masuk Dan Surat Keluar Administrasi Data Sekolah

Kode ini dibuat  dalam dua tingkat, yaitu kelompok dan sub kelompok. Setiap kelompok yang di definisikan harus mempunyai sub kelompok. Selain pencatatan nomor surat masuk dan surat keluar, aplikasi ini pun  menyediakan fasilitas pemindai surat yang dapat digunakan untuk membuat salinan
dari surat aslinya dan dapat dicetak kembali bila dibutuhkan. Perangkat yang  dapat digunakan untuk proses pemindaian adalah yang mendukung standar Twain.  Jumlah maksimal pemindaian yang dapat dilakukan per satu nomor surat adalah  lima halaman.

Buku Kurikulum 2013 edisi tahun 2015 untuk Kelas 3 dan 6 SD/MI sudah rilis, pada kesempatan kali ini kami bagikan BSE Kemdikbud untuk kurikulum 2013 yang nanti dilaksanakan secara Nasional atau di istilahkan Kurikulum Nasional yang pada saat ini sudah mulai di implementasikan di berbagai daerah, Buku Guru dan Siswa Kelas 3 dan 6 SD/MI ini pun kami bagikan hasil pelatihan yang lalu saat revisi Kurikulum 2013, silahkan unduh pada link dibawah kami sertakan juga untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam didalamnya.
Buku Guru Dan Siswa Kelas 3 Dan 6 Kurikulum 2013 Edisi Revisi

Buku Guru Kurikulum 2013 Baru Revisi untuk Kelas 3 SD/MI
Buku Kurikulum 2013 Tema 1: Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 2: Perkembangan Teknologi
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 3: Perubahan di Alam
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 4: Peduli Lingkungan Sosial
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 5: Permainan Tradisional
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 6: Indahnya Persahabatan
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 7: Energi dan Perubahannya
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 8: Bumi dan Alam Semesta

Baca Juga Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013 Kelas 1-6 SD/MI Edisi Revisi

Buku Siswa Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 
 Tema Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 2: Perkembangan Teknologi
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 3: Perubahan di Alam
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 4: Peduli Lingkungan Sosial
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 5: Permaianan Tradisional
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 6: Indahnya Persahabatan
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 7: Energi dan Perubahannya
Buku Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Tema 8: Bumi dan Alam Semesta

Pendidikan Agama
Buku Guru Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Pendidikan Agama Islam (PAI)
Buku Siswa Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 3 Revisi 2015 Pendidikan Agama Islam (PAI)

Baca Juga Aplikasi KKM Kurikulum 2013/Kurikulum Nasional

Buku Pegangan Guru Pendidikan Agama SD Kelas 6 Kurikulum 2013:
[Pendidikan Agama Islam], [PA Kristen], [PA Katolik], [PA Buddha], [PA Hindu], dan [PA Konghuchu]

Buku Pegangan Siswa Pendidikan Agama SD Kelas 6 Kurikulum 2013: [PA Islam], [PA Kristen], [PA Katolik], [PA Buddha], [PA Hindu], dan [PA Konghuchu]
Buku Pegangan Guru SD Kelas 6 Tema 1: Selamatkan Makhluk Hidup 
Buku Pegangan Siswa SD Kelas 6 Tema 1: Selamatkan Makhluk Hidup 
Buku Pegangan Guru SD Kelas 6 Tema 2: Persatuan Dalam Perbedaan 
Buku Pegangan Siswa SD Kelas 6 Tema 2: Persatuan Dalam Perbedaan 
Buku Pegangan Guru SD Kelas 6 Tema 3: Tokoh dan Penemuan 
Buku Pegangan Siswa SD Kelas 6 Tema 3: Tokoh dan Penemuan 
Buku Pegangan Guru SD Kelas 6 Tema 4: Globalisasi
Buku Pegangan Siswa SD Kelas 6 Tema 4: Globalisasi 
Buku Pegangan Guru SD Kelas 6 Tema 5: Wirausaha 
Buku Pegangan Siswa SD Kelas 6 Tema 5: Wirausaha 
Buku Pegangan Guru SD Kelas 6 Tema 6: Menuju Masyarakat Sehat 
Buku Pegangan Siswa SD Kelas 6 Tema 6: Menuju Masyarakat Sehat 
Buku Pegangan Guru SD Kelas 6 Tema 7: Kepemimpinan 
Buku Pegangan Siswa SD Kelas 6 Tema 7: Kepemimpinan
Buku Pegangan Guru SD Kelas 6 Tema 8: Bumiku 
Buku Pegangan Siswa SD Kelas 6 Tema 8: Bumiku 
Buku Pegangan Guru SD Kelas 6 Tema 9: Menjelajah Angkasa Luar 
Buku Pegangan Siswa SD Kelas 6 Tema 9: Menjelajah Angkasa Luar



Cara Usul dan Non Aktifkan NUPTK serta pengelolaan Verval GTK Pada SDM PDSP Kemdikbud menjadi satu bagian yang terpisah untuk pengelolaan data Guru dan Tenaga Kependidikan, Sebagai tindak  lanjut  dari  surat  Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan  (Ditjen  GTK) Nomor: 14652/B.B2/PR/2015  tentang  Penerbitan  NUPTK bagi Guru dan Tenaga Kependidikan  pada satuan  pendidikan  formal  dan  non  formal   di  Tahun  2016 (terlampir), maka  Sekretariat Jenderal  Kemendikbud  melalui  Pusat Data dan Statistik  Pendidikan dan Kebudayaan  perlu mengeluarkan   kebijakan  tentang   mekanisme   Pengajuan,   Penerbitan, dan   Penonaktifan NUPTK di  tahun   2016  (terlampir).  
Panduan Pendaftaran Pengelola Verval GTK Dan NUPTK SDM PDSPK

Sebagai  kelengkapan  operasional   dalam  mekanisme tersebut,  diperlukan  satu  orang  yang  bertangungjawab   sebagai pengelola  data verval  GTK maupun  NUPTK dari tingkat  Satuan Pendidikan,  Dinas Pendidikan  Kab/Kota, sarnpai dengan Ditjen GTK.
Panduan Pendaftaran Pengelola Verval GTK Dan NUPTK SDM PDSPK

Sehubungan  dengan   hal  tersebut   di  atas,  kami  mohon   bantuan   Saudara  untuk   dapat menunjuk   Satu  Orang   sebagai  penanggungjawab   dan  sekaligus  pengelola   data   verval dimaksud.  Pengelola yang Saudara tunjuk  harus mendaftar  pada aplikasi http://sdm.data.kemdikbud.go.id      dengan  memindai  dan meng-up/oad    Surat Penugasan dari pimpinan  masing-rnasing. Setelah memiliki  akun, pengelola data verval GTK dan NUPTK dapat mengoperasikan aplikasi verval PTKdengan alamat http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id.

Mengingat   pentingnya   hal  ini,  kami  mohon  bantuan  Saudara  dapat  direalisasikan  paling larnbat minggu ke tiga Bulan Januari 2016. Atas perhatian  Saudara dan kerjasama yang sangat baik, kami ucapkan terimakasih.
Surat resmi kami lampirkan pada unduhan

Download Tujuh Panduan Pelaksanaan MBS Di Sekolah Dasar
Materi Bimbingan Tekhnis MBS untuk SD ini meliputi 7 Komponen Manajemen berbasis sekolah yang terkait dengan Standar Nasional Pendidikan/SNP jika kita rincikan sebagai berikut Bimbingan Teknis Manajemen Budaya dan Lingkungan Berbasis Sekolah, Bimbingan Teknis Manajemen Humas Berbasis Sekolah, Bimbingan Teknis Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Berbasis Sekolah, Bimbingan Teknis Manajemen Pembiayaan Berbasis Sekolah, Bimbingan Teknis Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, Bimbingan Teknis Manajemen PTK Berbasis Sekolah, Bimbingan Teknis Manajemen Sarana dan Prasarana Berbasis Sekolah. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian pendidikan dan kebudayaan

Bimbingan Teknis Manajemen Budaya dan Lingkungan Berbasis Sekolah
Manajemen budaya dan lingkungan sekolah merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengembangkan karakter positif siswa. Manajemen budaya dan lingkungan sekolah dilakukan agar lingkungan sekolah dapat menjadi tempat yang kondusif bagi penyemaian dan pengembangan watak optimisme, mengembangkan penalaran, pencerahan akal budi, membekali ketrampilan, dan sikap yang dibutuhkan untuk menjadikan siswa yang  jujur, sopan santun, kreatif produktif, mandiri, dan bermanfaat bagi sesamanya

Bimbingan Teknis Manajemen Humas Berbasis Sekolah
Keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah dapat meningkatkan perasaan memilikisekolah diantara masyarakat  sehingga dapat mempercepat peningkatan mutu pendidikan di sekolah.Pengalaman di beberapa negara yang menerapkan MBS selama beberapa tahun menunjukkan bahwa sekolah yang paling berhasil dan diminati masyarakat luas adalah sekolah yang kepala sekolah, guru, dan masyarakatnya bekerjasama secara aktif mengembangkan sekolah. Sekolah-sekolah ini, baik negeri maupun swasta, adalah sekolah yang dapat mengelola sumber daya sendiri dan melaksanakan kurikulumnya dengan lebih baik. Beberapa bentuk peran serta masyarakat antara lain: menggunakan jasa pelayanan yang tersedia; memberikan kontribusi dana, bahan, tenaga dan konsultasi; serta pengambilan keputusan.

Bimbingan Teknis Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran Berbasis Sekolah
Manajemen kurikulum dan pembelajaran merupakan salah satu dari 7 komponen MBS sebagai perluasan dari pilar PAKEM dalam implementasi MBS sebelumnya. Manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis sekolah adalah pengaturan kurikulum dan pembelajaran yang meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi kurikulum dan pembelajaran di sekolah, dengan berpedoman pada prinsip-prinsip implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).

Bimbingan Teknis Manajemen Pembiayaan Berbasis Sekolah
Penyusunan Rencana Kerja Sekolah (RKS), Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM), dan Rencana Kerja Tahunan (RKT)
Penyusunan RKS oleh sekolah didasarkan pada beberapa kebijakan. Pertama,  Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Bimbingan Teknis Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah
Manajemen peserta didik merupakan bagian yang sangat penting dari komponen MBS, selain manajemen kurikulum dan pembelajaran, sarana prasarana, pembiayaan/keuangan, pendidik dan tenaga kependidikan, hubungan sekolah dengan masyarakat, dan budaya dan lingkungan sekolah. Peserta didik menjadi subyek didik dari keseluruhan komponen atau substansi MBS, sehingga perlu dilakukan upaya dan pengaturan yang efektif dan efisien, mulai dari merencanakan, mengorganisasi, melaksanakaan, mengevaluasi/ mengawasi. Agar manajemen dapat dilaksanakan secara lengkap dengan keterlaksanaan yang baik perlu dukungan berbagai buku seperti buku leger, buku nilai peserta didik, buku mutasi, dan sebagainya.

Bimbingan Teknis Manajemen PTK Berbasis Sekolah
Pendidik adalah guru dan/atau konselor yang bertugas merencanakan, melaksanakan, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.  Sedangkan  tenaga kependidikan adalah staf dan penjaga  yang bertugas mendukung terjadinya proses pendidikan di SD. Dengan demikian, manajemen PTK adalah kegiatan perencanaan kebutuhan, rekrutmen/pengadaan, pembinaan dan pengembangan, pemotivasian, perpindahan kerja (mutasi), pengawasan dan penilaian  kinerja, pemberhentian pertanggungjawaban (pelaporan)  PTK berbasis sekolah  di SD.

Bimbingan Teknis Manajemen Sarana dan Prasarana Berbasis Sekolah
Manajemen sarana dan prasarana berbasis sekolah adalah pengaturan sarana dan prasarana yang meliputi kegiatan merencanakan, mengorganisir, melaksanakan, dan mengevaluasi program kegiatan sarana dan prasarana di sekolah, dengan berpedoman pada prinsip-prinsip implementasi manajemen berbasis sekolah.

Download selengkapnya pada link dibawah ini

Cara Verval PTK Untuk Usul NUPTK Terbaru Dari PDSPK
Panduan atau cara usul NUPTK bagi Pendidik/Guru atau Tenaga Kependidikan baik PNS atau Non PNS yang baru selain syarat yang terpenuhi juga harus melakukan usulan melalui verval PTK seperti apa Aplikasi verifikasi dan validasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan itu. mari kita simak dahulu kalimat surat edaran yang telah dirilis Ditjen GTK terkait cara dan syarat Usul NUPTK 2016 Guru  dan  tenaga  kependidikan yang aktif  dalam dapodik  Dikdasmen dan  Paud-Dikmas dengan ketentuan;
Syarat Penerbitan NUPTK 2016 Surat Resmi Ditjen GTK Kemdikbud
A.  Belum memiliki  NUPTK melalui proses verval GTK oleh PDSPK
B. Kandidat   guru   dan   tenaga   kependidikan    penerima    NUPTK  melengkapi persyaratan  dengan memindai  (meng- upload)  dokumen  persyaratan  melalui aplikasi verval GTK/VERVAL PTK:

Guru  Kemenag
 A. B. C. Diajukkan oleh Belum memiliki Kandidat   guru operator Disdik  melalui  aplikasi  verval  GTK NUPTK melalui   proses verval  GTK oleh  PDSPK
penerima NUPTK melengkapi persyaratan dengan memindai (meng- upload) dokumen   persyaratan melalui aplikasi verval GTK:

Berkali-kali disebutkan tentang Verval GTK/VERVAL PTK Dalam surat bernomor 14652/B.B2/PR/2015 dan tertanggal 28 Desember 2015 itu, selain menjelaskan tentang persyaratan dan ketentuan penerbitan NUPTK, juga menjelaskan tentang penonaktifan NUPTK.
Seperti berikut tampilan Verval PTK

Pada syarat usul NUPTK diatas menu usul pengajuan NUPTK
Setelah para kandidat sudah muncul, baru menu Upload Dokumen akan aktif, ketika diklik akan muncul seperti capture di bawah, bisa dilihat dokumen yang harus diupload pada Non PNS dan PNS, file yang diupload pdf, size max 1MB/dokumen pdf(saran)
Dokunen yang diupload dalam usul NUPTK Pada Verval PTK
NON PNS
SCAN KTP
SCAN SK GTT (Bupati /Kepala Daerah Kab/Kota) SK GTY (Yayasan yang telah berbadan hukum dari Menteri Hukum dan Ham
SCAN IJAZAH SD
SCAN IJAZAH SMP
SCAN IJAZH SMA/SMK
SCAN IJAZAH S1

CPNS/PNS
SCAN KTP
SCAN SK CPNS/PNS
SCAN SURAT PENUGASAN DINAS (SPMT)
SCAN IJAZAH SD
SCAN IJAZAH SMP
SCAN IJAZH SMA/SMK
SCAN IJAZAH S1
Setelah upload dokumen, operator bisa pantau status/prosesnya sudah sampai mana.
Jadi intinya saat ini sabar menunggu, silahkan di menu Perbaikan Data Master dan Foto terlebih dahulu, semoga dapat dipahami,

terimakasih.


Bisa diakses pada link ini Verval Data PTK

user dan pasword login gunakan user dan pasword yang terdaftar di SDM PDSP Kemdikbud. silahkan pilih PTK yang akan diusulkan NUPTK nya. pada laman tersebut sudah tersaji.
Untuk cara upload ada ketentuan ukuran scan dokumen yang sudah diberikan keterangan didalmm,nya jadi asal sesuai dengan panduan saja maka tunggu saja proses persetujuan yang akan diterbitkan NUPTK nya ke Dapodik layaknya NISN

Contoh Raport Kurikulum 2013 baru, Cara Penilaian Kurikulum 2013 baru hasil revisi dengan dasar Permendikbud no 53 Tahun 2015 kami sajikan dalam unduhan aplikasi penilaian raport Kurikulum 2013 yang kini sedang diterapkan secara nasional atau istilahnya Kurikulum Nasional dalam olah nilai semester baik KTSP atau K13 tentu memiliki pola atau cara yang berbeda namun demikian ini pun serta merta pada Kurikulum 2013 Baru Hasil Revisi yang ada juga sedikit ada perbedaan dari Kurikulum 2013 yang terdahulu. lihat tampilan Aplikasi Penilaian K13 Baru untuk Sekolah Dasar Kelas 1,2, 3, 4, 5 dan 6 berikut ini.
Aplikasi Penilaian Dan Raport Kurikulum 2013 Baru

Jika pun kita mau cermati aplikasi penilaian Kurikulum 2013 baru yang dibuat oleh Guru Senior Kang Martho ini seperti ini, coba klik gunakan aplikasi pada excel dibawah ini.

Pada tahun pelajaran 2016 2017 maupun 2018, Baik dari berbagai aspek KI 1 , KI 2, KI 3 dan KI 4 sudah terkombinasi dengan baik hingga menjadikan aplikasi Kurikulum 2013 baru ini sangat baik dan layak digunakan  bagi rekan-rekan yang memerlukan. fiture lengkap baik raport Kurikulum 2013 maupun cara penilaiannya.

Jika mungkin bermanfaat bagi rekan-rekan Guru untuk Aplikasi Penialaian dan Raport Kurtilas ini bisa kira nya untuk mengunduhnya pada link dibawah ini.

Cara Usul NUPTK Tahun 2016 ini Menindaklanjuti    surat   kami   sebelumnya   tentang   penggunaan   Data   Pokok   Pendidikan (Dapodik) Guru dan Tenaga Kependidikan dan tindak  lanjut  dari pengelolaan  dan penerbitan NUPTK di tahun 2016, dapat kami sampaikan beberapa hal-hal sebagai berikut;
Syarat Penerbitan NUPTK 2016 Surat Resmi Ditjen GTK Kemdikbud

1. Program dan kegiatan  di lingkungan Direktorat  Jenderal Guru  dan Tenaga Kependidikan pada tahun 2016 menggunakan Dapodik Guru dan Tenaga Kependidikan yang  terintegrasi dengan Dapodik yang dikelola  oleh Pusat Data dan Statistik  Pendidikan  dan Kebudayaan (PDSPK),Ditjen Dikdasmen dan Ditjen PAUD dan DIKMAS. inilah mekanisme penerbitan usul NUPTK Baru Tahun 2016

2. Sesuai hasil kesepakatan  rapat sebelumnya,  penerbitan  NUPTK akan menjadi  tugas dari Pusat Data dan Statistik  Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK)dengan tetap  berkoordinasi kepada Tim Dapodik Unit Utama yang akan dilaksanakan mulai tahun  2016.

3. Adapun  syarat  dan  ketentuan   penerbitan  NUPTK bagi Guru dan Tenaga Kependidikan adalah sebagai berikut;

I. Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah pada jenjang  TK, SD, SMP, SMA,  SMK, PLB
II.  Pendidik  dan  Tenaga  Kependidikan pada Satuan pendidikan Non Formal
(KB/TPA/SPS,PKBM/TBM,  Kursus, dan UPT)
III.  Guru PNS/CPNS,Pengawas PNS, dan Guru bukan PNS
IV.  Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan pendidikan  Non Formal PNS/CPNS
dan bukan PNS
V. S-1/D4 dari  LPTK/PTN yang memiliki  prodi  terakreditasi   atau  dari  LPTK /PTS  yang terakreditasi   Kopertis  setempat  bagi guru dan tenaga  kependidikan  yang diangkat setelah Januari 2006

Baca Juga Aplikasi Kartu NUPTK Dan NRG

VI.  Guru  dan  tenaga  kependidikan  yang aktif  dalam  dapodik   Dikdasmen  dan  Paud-
Dikmas dengan ketentuan;
Syarat Penerbitan NUPTK 2016 Surat Resmi Ditjen GTK KemdikbudA.  Belum memiliki  NUPTK melalui proses verval GTK oleh PDSPK
B. Kandidat   guru   dan   tenaga   kependidikan    penerima    NUPTK  melengkapi persyaratan  dengan memindai  (meng- upload)  dokumen  persyaratan  melalui aplikasi verval GTK:
Baca Panduan Verval GTK NUPTK

i.  Guru  dan tenaga  kependidikan  PNS, SK CPNS/PNS + SK Penugasan dari
Dinas Pendidikan
ii.  Guru dan tenaga kependidikan non PNS,
a.  di sekolah negeri: SK Pengangkatan dar; Bupat;/Walikota/Gubernur
b.   di sekolah swasta: SK Pengangkatan GTY selama 2 tahun  secara terus menerus dihitung sampai dengan bulan Januari 2016 (SK tidak berlaku surut).

VII. Guru
yang aktif tidak dalam dapodik (Guru  Kemenag)
A. B. C. Diajukkan oleh Belum memiliki Kandidat   guru operator Disdik  melalui  aplikasi  verval  GTK NUPTK melalui   proses verval  GTK oleh  PDSPK
Syarat Penerbitan NUPTK 2016 Surat Resmi Ditjen GTK Kemdikbud
penerima    NUPTK  melengkapi    persyaratan dengan memindai
(meng- upload) dokumen persyaratan  melalui aplikasi  verval  GTK:

i.   Guru  PNS, SK CPNS/PNS + SK Penugasan  dari  Disdik
ii.  Guru  nonPNS,
a.  di sekolah  negeri:  SK<Pengangkatan   dari  Bupati/Walikota/Gubernur
b.  di sekolah  swasta:  SK Pengangkatan   GTY selama  2 tahun   secara  terus menerus dihitung     sampai   dengan  bulan    Januari    2016    (5K  tidak berlaku  surut)

VIII. Diverifikasi  dokumen  persyaratannya  oleh   Disdik   Kab/Kota, Ditjen GTK sesuai kebijakan   yang ada.

4.  Adapun  persyaratan  dan ketentuan penonaktifan  NUPTK adalah  sebagai  berikut;
I. Guru  Kemendikbud
A. mengajukan  surat   penonaktifan NUPTK ke  Disdik  dengan   melampirkan     surat pengantar   dari  Kepala Sekolah;

B. Operator Disdik  melalui aplikasi    verval    GTK   mengajukan penonaktifan
NUPTK dengan  memindai    (meng-  upload)   dokumen   penonaktifan     dari:    guru ybs, surat  pengantar   Kepsek, Surat  Persetujuan   dari  Disdik
II.  Guru  Kemenag
A. mengajukan  surat  penonaktifan  NUPTK ke disdik dengan melampirkan surat pengantar dari  Kepala Madrasah  dan  surat persetujuan dari Kanwil  Kemenag;
B. Operator   Disdik melalui aplikasi verval PTK    mengajukan       penonaktifan
NUPTK dengan  memindai (meng-  upload) dokumen    penonaktifan     dari:    guru ybs,   surat pengantar Kepala Madrasah, Surat Persetujuan  dari    Kanwil Kemenag  dan  Surat  Persetujuan  dari Disdik

Mengingat  NUPTK adalah  syarat  mutlak   bagi Guru  dan Tenaga  Kependidikan baik  pada satuan pendidikan  formal   maupun   non formal   untuk  mendapatkan    semua  layanan  atau  program   dan kegiatan   pada  Ditjen  Guru  dan Tenaga  Kependidikan, maka  kami  berharap   penerbitan   NUPTK di tahun  2016  dapat  dilaksanakan   sesuai jadwal  yang telah  ditetapkan.

Pada Revisi Kurikulum 2013 Baru pola pendekatan saintifik tak mengalami perubahan yang mendasar hanya saja saat ini kita akan bahas masalah proses Pembelajaran Tematik Terpadu, Keterpaduan Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan
Contoh :
Buku Siswa Kelas VI Tema 1 Subtema 1 halaman 10
Pada kegiatan ini,
sikap yang ditumbuhkan adalah : rasa ingin tahu, kemandirian, kecermatan dan ketelitian
Pengetahuan : bagian-bagian bunga dan cara penyerbukan tanaman.
Keterampilan : Keterampilan mengamati dan menyajikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Revisi Kurikulum 2013

Kegiatan ini memadukan kompetensi IPA tentang cara perkembangbiakan tanaman jagung dan Bahasa Indonesia tentang teks investigasi.

Problem Base Learning
Menemukan Masalah
Menyelesaikan masalah
Dilakukan secara individu maupun kelompok

Discovery Learning
Bruner mementingkan partisipasi aktif dari tiap peserta didik,  Mengenal dengan baik adanya perbedaan kemampuan.  Melakukan penemuan-penemuan baru dalam bereksplorasi di sekitar lingkungannya

Project Base Learning
Memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat projek sebagai tagihannya dalam setiap akhir tema/subtema  Pembelajaran kolaboratif dilakukan secara berkelompok. Tagihan produk secara kelompok namun penilaiannya

Pembelajaran Berbasis Masalah
1. Mengorientasikan peserta didik terhadap masalah
2. Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
3. Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok
4. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
5.  Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan

Tema 1 (Perkembangan Hewan dan Tumbuhan) Subtema 1 (Perkembangbiakan dan daur hidup hewan)  Pembelajaran 1
1. Mengorientasi peserta didik kepada masalah
 Peserta didik mencari tahu berbagai tumbuhan yang ada di sekitarnya (mengamati)
 Peserta didik tanya jawab tentang masalah yang muncul (menanya)
Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Revisi Kurikulum 2013
Peserta didik mengamati berbagai permasalahan yang berhubungan dengan perkembangbiakan tanaman jagung (mengamati) Peserta didik melakukan tanya jawab tentang makanan pokok orang madura, mengapa sebagian besar jagung? (menanya) Peserta didik tanya jawab tentang masalah yang muncul dari hasil pengamatan (menanya)
Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Revisi Kurikulum 2013

Mengorganisasikan peserta didik untuk mendefinisikan masalah hal terpenting lakukan,membentuk kelompok untuk mengerjakan LK secara berpasangan saling bertanya jawab sesuai tugas di atas. (mengumpulkan informasi)

Uji kompetensi Guru untuk Tahun 2015 telah berlalu, UKG yang diikuti semua Guru baik PNS atau pun NON PNS diseluruh Indonesia terlaksana secara ideal, hanya saja jika kita bicara hasil hal ini tentu saja masih dibawah target Pemerintah dalam hal ini Kemdikbud yang telah awal merilis baca Target kelulusan UKG dari Tahun ke Tahun pada Hasil UKG tahun 2015 juga masih belum bisa dikatakan terpenuhi standar kelulusan yang diharapkan artinya masih dibawah pasing grade yang ditentukan, seperti berita yang kami kutip dari laman okezone, Menteri Anies memamparkan secara umum hasil UKG tahun 2015.
Inilah Hasil Uji Kompetensi Guru Tahun 2015

"Rata-rata UKG nasional 53,02, sedangkan pemerintah menargetkan rata-rata nilai di angka 55. Selain itu, rerata nilai profesional 54,77, sedangkan nilai rata-rata kompetensi pendagogik 48,94," ujarnya di Kemdikbud, Rabu (30/12/2015).

Anies menuturkan, dari 2,9 juta peserta UKG, terdapat 3.805 orang yang mendapat nilai di atas 91. Dia berjanji akan menyampaikan hasil UKG secara lebih lengkap pada pertengahan Januari 2016.

"UKG seperti bercermin. Dari hasil itu akan diperbaiki untuk meningkatkan kinerja guru. Pengembangan pelatihan dilakukan sesuai dengan kebutuhan guru," tuturnya.

Walaupun demikian adanya hasil UKG yang dijadikan potret untuk kompetensi Guru di Negeri ini, Mendikbud secara jelas mengakui rata-rata UKG masih dibawah standar dari nilai yang ditentukan saat ini.

Namun Sebanyak tujuh provinsi mendapat nilai terbaik dalam penyelenggaraan uji kompetensi guru (UKG) tahun 2015. Nilai yang diraih tersebut merupakan nilai yang mencapai standar kompetensi minimum (SKM) yang ditargetkan secara nasional, yaitu rata-rata 55.
Tujuh provinsi tersebut adalah
DI Yogyakarta (62,58),
Jawa Tengah (59,10),
 DKI Jakarta (58,44),
Jawa Timur (56,73),
Bali (56,13),
Bangka Belitung (55,13),
Jawa Barat (55,06).

Selain tujuh provinsi di atas yang mendapatkan nilai sesuai standar kompetensi minimum (SKM), ada tiga provinsi yang mendapatkan nilai di atas rata-rata nasional,
yaitu
Kepulauan Riau (54,72),
Sumatera Barat (54,68),
dan Kalimantan Selatan (53,15) (sumber Kemdikbud)

UKG Bagai Cermin untuk memperbaiki peta kompetensi guru, dalam hal ini akan banyak mungkin terobosan-terobosan baru yang akan dilakukan Kemdikbud.

Aplikasi SKP Dan Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Untuk Guru Semua Golongan
Sasaran Kinerja Pegawai baik PNS atau ASN khusus untuk Guru pada tiap tahunnya tak berbeda jauh layaknya PNS lain untuk memenuhi target kerja dan perilaku kinerja PNS yang tertuang pada Sasaran Kinerja Pegawai/SKP, pembuatan SKP sendiri biasanya selalu dibuat diawal tahun ini meyakinkan perilaku Kinerja dalam sasaran seorang PNS/ASN satu tahun.

Aplikasi SKP untuk Guru ini dibuat berdasarkan golongan mengapa berdasarkan golongan karena tiap golongan memiliki ketentuan hitungan AK (Angka Kredit) yang biasanya ada perbedaan dan dalam acuan ini tentu saja berdasarkan Permen PAN 16 Tahun 2009 yang dijadikan acuan utama dalam pembuatan Sasaran Kinerja Pegawai.

Aplikasi ini terdiri dari golongan PNS Guru/Pendidik dari jenjang Pangkat Gol seperti dibawah ini:
Aplikasi SKP Dan Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Untuk Guru Semua Golongan

Link download gratis aplikasi SKP dan Penilaian Prestasi Kerja pegawai memuat isi unduhan sebagai berikut
  • Aplikasi SKP dan penilaian prestasi kerja pegawai guru dan kepsek gol II a
  • Aplikasi SKP dan penilaian prestasi kerja pegawai guru dan kepsek gol II b
  • Aplikasi SKP dan penilaian prestasi kerja pegawai guru dan kepsek gol II c 
  • Aplikasi SKP dan penilaian prestasi kerja pegawai guru dan kepsek gol II d
  • Aplikasi SKP dan penilaian prestasi kerja pegawai guru dan kepsek gol III a 
  • Aplikasi SKP dan penilaian prestasi kerja pegawai guru dan kepsek gol III b 
  • Aplikasi SKP dan penilaian prestasi kerja pegawai guru dan kepsek gol III c 
  • Aplikasi SKP dan penilaian prestasi kerja pegawai guru dan kepsek gol III d 
  • Aplikasi SKP dan penilaian prestasi kerja pegawai guru dan kepsek gol IV a 
  • Aplikasi SKP dan penilaian prestasi kerja pegawai guru dan kepsek gol IV b 
Yang semua Golongan PNS Guru tersebut kami lampirkan unduhan dalam satu paket pada link dibawah ini, silahkan Bapak/Ibu Unduh dan semoga bermanfaat.

Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT atas nominasi blogger peduli pendidikan yang kami raih, tak lupa pula pada rekan-rekan guru dan operator sekolah se Indonesia, hari ini 11 Desember 2015 GURUSD.NET sebagai salah satu blog yang di anugerahi penghargaan Anugerah Peduli Pendidikan Tahun 2015 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Terima kasih kami ucapkan pada rekan-rekan pendidik dan tenaga kependidikan di seluruh Indonesia atas dukungannya selama ini, dan mohon maaf akan kekurangan pelayanan kami selama ini, dalam tanya jawab dalam berbagai konten unduhan yang kurang sempurna namun kami selalu mencoba dapat melayani dan mencoba berbagi cerita bersama rekan guru semua.

Salam Pendidikan

Permendikbud Nomor 21 Tahun 2015 Tentang Gerakan Pembudayaan Karakter di Sekolah oleh Kemdikbud, Gerakan Pembudayaan Karakter di Sekolah disingkat GPKDS. GPKDS adalah kegiatan pembiasaan sikap dan perilaku positif di sekolah yang dimulai sejak dari masa orientasi siswa baru sampai dengan tamat pendidikannya di sekolah.

Tujuan Penumbuhan Budi Pekerti
  • Menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan bagi warga sekolah
  • Menumbuhkembangkan kebiasaan yang baik sebagai bentuk pendidikan karakter sejak di sekolah.
  • Menjadikan pendidikan sebagai gerakan yang melibatkan pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat, dan keluarga.
  • Menumbuhkembangkan lingkungan dan budaya belajar yang serasi antara sekolah, masyarakat, dan keluarga.
Panduan Gerakan Pembudayaan Karakter di Sekolah/GPKDS

Salah satu Contoh

MOPDB=Masa Orientasi Peserta Didik Baru
  1. MOPDB dilaksanakan pada setiap awal tahun pelajaran baru selama 3 (tiga) atau paling lama 5 (lima) hari.
  2. MOPDB dilaksanakan melalui Gerakan Mengantar Anak ke Sekolah pada hari pertama masuk sekolah oleh orangtua/wali
  3. Pengenalan lingkungan belajar baru di sekolah bagi siswa
  4. Pengenalan kelembagaan dan program sekolah
  5. Pengenalan cara belajar yang efektif baik di sekolah maupun di rumah
  6. Pengenalan sesama warga sekolah secara egaliter, akrab, hangat, dan menyenangkan
  7. Pentas Seni, Bakat Minat, dan/atau Olahraga di Sekolah
Kegiatan hari kedua dan ketiga
Kegiatan dilaksanakan melalui kegiatan pengenalan program sekolah, lingkungan, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri peserta didik, dan kepramukaan sebagai pembinaan awal kearah terbentuknya kultur sekolah yang kondusif bagi proses pembelajaran lebih lanjut sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget