Unduh Panduan Praktis Penulisan Makalah Untuk Jurnal Ilmiah

Panduan Penulisan Makalah

Unduh Panduan Praktis Penulisan Makalah Untuk Jurnal Ilmiah
Panduan atau tuntunan praktis menulis makalah untuk jurnal ilmiah baik nasional maupun international ini kami bagikan dari karangan Mikrajuddin Abdullah Institut Teknologi Bandung
Salah satu yang dapat anda lakukan adalah menulis makalah ilmiah.Pikirkan, apakah tidak disayangkan jika anda memiliki hasil riset yang dapat dijadikan makalahilmiah, yang bisa jadi bermanfaat bagi orangbanyak, dan yang bisa jadi membuat keparakan anda dikenal orangbanyak Tetapi anda menyimpan begitusaja. Jika anda menjawab: “sangat disayangkan,” apa yang harus anda lakukan? Salah satu yang dapat anda lakukan adalah menulis makalah ilmiah.

Bayangkan jika anda telah selesai menulis tesis/disertasi, coba hitung, berapa eksemplar yang anda buat? Paling-paling tidak lebih dari 10 buah. Coba hitung, berapa orang yang memegang copy tesis/disertasi anda? Paling banyak10 orang. Coba hitung, berapa orang yang dapat membaca tesis/disertasi anda?

Dari sini kita dapat menarik kesimpulan bahwa menulis makalah bukan sekedar masalah suka atau tidak suka, ada waktu atau tidak ada waktu. Menulis makalah adalah persoalan keinginan kita menyebarluaskan ilmu yang kita peroleh ke masyarakat luas sehingga ilmu tersebut bias bermanfaat. Boleh jadi ilmu yang kita peroleh dari penelitian kita merupakan jawaban dari persoalan besar yang dihadapai masyarakat entah di belahan bumi mana.

Jika ini terjadi maka betapa luar biasanya kontribusi kita bagi masyarakat tersebut. Dan jika hasil tersebut sudah dipublikasikan maka peneliti lain tidak perlu lagi menghahbiskan waktu untuk melakukan penelitian serupa.

Label:
Reaksi:

Post a Comment

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget